Main Menu

Perkuat Kredit Konsumer, BJB Syariah Optimis Hadapi Semester II 2018

Fatma
05-07-2018 13:24

Jakarta, Gatra.com - Segmen kredit konsumer hadir sebagai captive market bank bjb syariah dengan porsi pembiayaan sebesar 60%. Untuk itu, pada semester II 2018, bank bjb syariah akan tetap fokus menggarap segmen konsumer dengan kembali memperkenalkan beberapa produk unggulan. 

Langkah tersebut dinilai efektif karena berhasil meningkatkan pertumbuhan laba bersih pada semester I 2018 menjadi Rp18,4 miliar. Bahkan, pada triwulan pertama, laba bersih bank bjb syariah tumbuh 250,2% dibandingkan periode sama di tahun 2017.

Strategi yang dilakukan adalah untuk tetap fokus bergerak di segmen konsumer sebagai captive market bank bjb syariah, ujar Direktur Utama bank bjb syariah Indra Falatehan.

Adapun produk unggulan bank bjb syariah di segmen konsumer di antaranya adalah pembiayaan kepemilikan emas (PKE) iB Maslahah dan layanan jasa berupa 3 in 1 Maslahah. Selain itu bank bjb syariah terus memperluas jaringan sebagai bank operasional dua.
 
PKE iB Maslahah merupakan layanan produk yang menawarkan fasilitas pembiayaan pembelian emas batangan atau perhiasan kepada nasabah. Terlebih, pembelian emas dapat dilakukan melalui sistem angsuran. 

Emas sendiri merupakan instrumen investasi yang dinilai paling aman dan rendah risiko. Pasalnya, emas memiliki beragam kelebihan seperti kebal inflasi, tidak mudah rusak, terjangkau, mudah diperjualbelikan, dan harga jual cenderung meningkat.

PKE iB Maslahah atau cicil emas adalah salah satu produk unggulan bank bjb syariah. Selain itu, bank bjb syariah juga memiliki layanan Mitra Emas iB Maslahah sebagai solusi pembiayaan dengan agunan emas, ujar Indra.
 
Sementara layanan 3 in 1 Maslahah merupakan inovasi yang memberikan kemudahan dalam proses pembukaan rekening. Bahkan 3 in 1 Maslahah diklaim sebagai layanan pembukaan rekening tercepat dengan sistem jemput bola mendatangi calon nasabah. 

Sehingga calon nasabah tidak perlu menunggu lama dalam antrean serta melewati prosedur yang panjang. Pasalnya, segala aktivitas perbankan dapat diakses melalui ujung jari dengan menghubungi call center di nomor 1500727.

Kemudian, agen Jemput Maslahah akan datang ke tempat calon nasabah berada. Adapun untuk proses pembukaan rekening juga terbilang cepat dan sederhana karena calon nasabah hanya perlu mengisi formulir. Setelah itu, ATM Card Masalahah serta layanan Mobile Banking Masalahah dapat langsung digunakan.

Upaya tersebut merupakan bentuk adaptasi yang dilakukan bank bjb syariah dalam menangkap kebutuhan pasar. Juga merupakan implementasi dari konsep layanan bank tanpa kantor atau branchless banking sesuai dorongan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lalu, sebagai BPD syariah pertama di Indonesia, bank bjb syariah juga menjadi salah satu perbankan pelaksana penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR) Sejahtera bersubsidi melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Pada tahun 2018, bank bjb syariah menargetkan pembiayaan KPR Sejahtera sebanyak 1.600 unit atau sekitar Rp160 miliar. Hal tersebut merupakan komitmen bank bjb syariah dalam mendukung program pemerintah terkait penyediaan rumah dengan harga terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Saat ini bank bjb syariah sudah menyalurkan 702 unit rumah.

Untuk bank syariah, kami termasuk dalam urutan tiga besar dalam penyaluran KPR Sejahtera. Tahun lalu kami dapat menyalurkan 1.600 unit rumah. Ditargetkan tahun 2018, pencapaian tersebut akan kembali diraih, ujar Indra.

Fatma
05-07-2018 13:24