Main Menu

Balkondes Wringin Putih Siap Manjakan Delegasi ICW

Mukhlison S Widodo
19-09-2018 22:11

Keroncongan menyambut rombongan delegasi tamu internasional ICW di Balkondes Wringin Putih Pertamina. (dok.Pertamina/awy)

 

Jakarta, Gatra.com - Delegasi International Council of Women (ICW) menginap di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wringin Putih. Balkondes ini merupakan binaan dari CSR PT Pertamina (Persero).

"Pertamina bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada Balkondes Wringin Putih untuk menyambut dan menjamu para tamu internasional," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito. 

ICW menggelar sidang ke-35 di Yogyakarta dan Magelang pada 13 – 20 September 2018. Total ada 150 delegasi yang berasal dari 44 negara. 

Sebagian dari jumlah tersebut akan menginap di Balkondes Wringin Putih pada 18 – 19 September 2018.

Balkondes Wringin Putih Pertamina menyiapkan 20 kamar dengan konsep homestay. Balkondes ini memadukan nuansa pedesaan yang asri.

Menurut Adiatma, berbagai sarana dan prasarana di Balkondes Wringin Putih telah disiapkan dengan baik. Ada Anjungan Informasi yang menyajikan informasi mengenai Balkondes Wringin Putih. Ada juga akses wifi yang cepat untuk para delegasi. 

"Ini untuk menunjang kenyamanan para delegasi yang menginap di Balkondes," ujarnya lagi.  

Dari segi konsumsi, Balkondes juga menyiapkan makanan khas lokal. Dengan pilihan ini, diharapkan para tamu dapat betul-betul merasakan suasana pedesaan khas Indonesia. 

Menejemen Balkondes Wringin Putih Pertamina juga telah menyiapkan berbagai atraksi yang menarik bagi para tamu delegasi. Para tamu dapat menikmati pertunjukan jemparingan atau memanah, membatik dan menganyam janur. 

Selain itu, para tamu delegasi juga akan disuguhkan tarian tradisional yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

"Harapannya, mereka akan lebih mengenal Indonesia dan menyampaikannya kepada dunia internasional, sehingga Balkondes bisa mendunia,” imbuh Adiatma. 

Tak cukup di situ, para tamu juga diajak untuk berkeliling ke desa bambu. Selanjutnya para tamu akan mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Wringin Putih untuk penyerahan bantuan buku bacaan dari BUMN. 

Sebagai informasi, sejak dibangun Pertamina, Balkondes Wringin Putih telah menjadi salah satu destinasi wisata dan akomodasi unggulan di sekitar Candi Borobudur. 

Kesejukan alam pedesaan yang masih alami dengan latar belakang perbukitan Menoreh menjadi visual yang memanjakan mata sekaligus memberi ketenangan bagi pengunjung. 

Tak hanya keindahan alam, Balkondes Wringin Putih yang berada di kawasan wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, memiliki arsitektur bangunan rumah yang unik berbentuk pondok dari bambu.  Desain halaman didominasi kayu dan bambu menambah kekuatan panorama alam yang masih asli. 

Bale Bambu Klatakan yang awalnya hanya kebun bambu liar kini telah menjadi daya tarik utama dan sering diabadikan menjadi objek swafoto. Kearifan lokal masyarakat setempat turut menyertai persona Wringin Putih, yakni interaksi sosial, persaudaraan yang erat, serta gotong royong antar warga.   

Setelah Dikembangkan PT Pertamina (Persero), Desa Wisata Wringin Putih diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi sentra penggerak ekonomi dan galeri potensi kerajinan masyarakat sekitar, seperti batik, kerajinan bambu, serta sentral kuliner dan penginapan.


 

Mukhlison S Widodo
19-09-2018 22:11