Main Menu

Kementan: Stok Bahan Pangan Aman Sampai Ramadan

didi
07-04-2016 13:16

Persediaan beras di pasar induk Cipinang (GATRAnews/Adi Wijaya/adi3)

Jakarta, GATRAnews - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Gardjita Budi mengatakan, stok bahan pangan pokok aman sampai bulan Ramadan 2016. Pemerintah mengupayakan agar tidak ada gejolak harga berlebihan saat Ramadan, yang tinggal dalam hitungan bulan itu, tiba. "Tenang saja, sampai dengan Bulan Puasa, bahan pokok aman," kata Gardjita Budi, seperti dilaporkan Antara, Kamis (7/4).

Menurut dia, selain bahan pangan pokok, komoditas ayam dan telur juga dinilai akan mencukupi. Sedangkan terkait daging sapi diakui stok yang ada masih belum bisa memenuhi kebutuhan secara memadai.

"Yang tidak kita inginkan adalah kalau harga itu menjadi ekstrem atau 20%-30% di atas harga normal," katanya.

Dia memaparkan, usaha pemerintah agar harga tidak fluktuatif, caranya dengan mendorong keterbukaan terhadap pedagang kecil biar bisa menjual langsung dan tidak dimonopoli pedagang besar.

Kementan mewaspadai produksi cabai menjelang Ramadan hingga Lebaran 2016 agar stok selalu tersedia dengan harga jual di masyarakat tidak terlalu mahal, namun juga tak merugikan petani.

"Ramadan sebentar lagi akan datang di mana pada saat itu kebutuhan cabai pasti akan meningkat untuk konsumsi, sehingga perlu diambil langkah antisipasi," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono Kamino.

Hal tersebut disampaikan seusai panen raya cabai di Dusun Semimpen, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Salah satu program yang telah dilakukan Kementan agar pasokan cabai terpenuhi, katanya, adalah dengan mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Di Musim Kemarau (GTCK) yang telah dimulai 2015.

Gerakan yang dilakukan di seluruh sentra produksi cabai nasional itu, katanya, penting untuk menjamin pasokan komoditas tersebut selalu terpenuhi.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
07-04-2016 13:16