Main Menu

Deklarasi Serpong: Seruan Damai Indonesia untuk Dunia

elfira
22-11-2017 14:17

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dalam pembukaan acara International Islamic Education Expo di Ice BSD Serpong, Banten. (Dok. Gatra)

Serpong, Gatra.com - Situasi politik di negara-negara Islam telah memicu keprihatinan semua pihak di Indonesia. Untuk itu sembilan ormas Islam dan insan pendidikan Islam Indonesia menyerukan Deklarasi Serpong, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten (21/11/2017). Ini adalah seruan kepada semua elemen agar menjaga persatuan untuk keberlangsungan harmoni dalam keberagaman dalam bingkai NKRI.


Deklarator Serpong ini adalah para perwakilan dari ormas Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persatuan Islam (Persis), al-Washliyah, Mathla’ul Anwar, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), Hidayatullah dan al-Khairat. Pembacaan teks deklarasi dipandu oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dan disaksikan rektor-rektor perguruan tinggi islam dan para kepala sekolah Islam yang berjumlah sekitar 4000 orang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin  mengungkapkan, hal ini merupakan wujud komitmen elemen Islam untuk menjaga persatuan di tengah suasana politik pilkada dan iklim regional serta internasional yang kurang menguntungkan. “Ini ikhtiar agar peradaban kita ke depan semakin membaik,” kata Menag.

Pasca deklarasi, hari ini sampai jumat, di arena itu diadakan pameran sekolah islam sebagai bagian dari International Islamic Education Exhibition (IIEE) 2017 yang digelar Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag.

info http://www.pendis.kemenag.go.id/expo2017/ina/   #iieependis2017

Berikut 4 Poin Deklarasi Serpong :

  1. Setia mengamalkan, sekaligus menggaungkan nilai-nilai islam wasathiyah (moderat) yang rahmatan lil alamin;
  2. Menjunjung tinggi nilai Ketuhanan, mengedepankan martabat kemanusiaan, merajut persatuan, merawat kebersamaan, dan memperdulikan keadilan sosial dalam membangun  peradaban;
  3. Menolak setiap penyalahgunaan agama untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan watak dasar dan tujuan agama itu sendiri;
  4. Mengajak seluruh elemen bangsa untuk memajukan pendidikan Islam sebagai solusi bagi tantangan zaman, sarana mewujudkan perdamaian dunia, dan upaya meningkatkan maslahat bagi umat manusia

elfira
22-11-2017 14:17