Main Menu

Kementerian ESDM Luncurkan Contact Center ESDM136

Annisa Setya Hutami
15-08-2018 12:53

Peluncurkan layanan "Contact Center ESDM 136" (esdm.go.id/yus4)

 

Jakarta, Gatra.com - Kementerian ESDM meluncurkan layanan "Contact Center ESDM 136" yang dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah.Cukup menekan kode 136, masyarakat mendapatkan informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun informasi terkait dengan bencana geologi.

 

"Ini dibentuk guna memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM. "Contact Center ESDM 136 merupakan fasilitas yang kami sediakan agar masyarakat semakin mudah dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM, baik berupa pertanyaan, pemberian informasi, maupun pelaporan permasalahan terkait sektor ESDM yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," ujar Menteri ESDM, Ignasius Jonan melalui rilis yang diterima Gatra.com, Rabu (15/8).

Contact Center ESDM 136 tidak menggantikan fungsi contact center PLN123, Pertamina 1500-000 dan PGN yang telah ada selama ini. Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG tetap diutamakan melalui contact center ketiga BUMN tersebut.

Kode 136 lebih melayani pengaduan dan informasi terkait kementerian ESDM secara umum. Untuk pertanyaan yang tidak dapat langsung terjawab saat itu juga, mereka akan menjawab melalui email atau telepon .

"Komunikasi publik, kita buka tidak hanya lewat email atau datang langsung, tetapi juga via telepon dan media sosial. Ini kita launching dan akan kita sempurnakan terus mengikuti perkembangan zaman," katanya.

Terdapat biaya yang dikenakan berupa biaya lokal. Untuk masyarakat yang menelpon di luar area Jakarta maka tetap akan dikenakan biaya lokal. Adapun biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM.

Alasan pembebanan biaya ini untuk menghindari telepon "iseng" atau "prank call" yang dapat mengganggu kinerja Contact Center ESDM 136. Khusus untuk pengguna Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI), sementara ini diharuskan menggunakan kode area 021 dan dibebaskan dari biaya telepon hingga periode tertentu jika menelepon dari luar Jakarta.

Terbentuknya "Contact Center ESDM 136" juga melalui kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dan operator selular. Dukungan diberikan oleh Telkom, sebagai penyedia jasa nomor telepon 136, dan juga operator telekomunikasi lainnya, yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Tri Indonesia.


Reporter : ASH
Editor : Arief Prasetyo

Annisa Setya Hutami
15-08-2018 12:53