Main Menu

LPDUK Bisa Optimalkan Program Olahraga Unggulan Kemenpora

Arif Prasetyo
09-09-2018 07:28

Ilustrasi - Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) (Dok. GATRA/FT02)

Ternate, Gatra.com - Berbagai event dan kegiatan olahraga, termasuk program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bisa disinergikan dan dioptimalkan oleh Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK).

 

Sebagai lembaga baru berstatus Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora, LPDUK dengan fleksibilitas dalam pengelolaan dana dan manajemen, dipercaya mampu bergerak lebih cepat dan tepat sekaligus efektif dalam mengelola event olahraga serta menggalang pendanaannya.

Asisten Deputi Olahraga Rekreasi pada Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Teguh Rahardjo mengatakan, sinergi LPDUK dengan Program di Deputi III Kemenpora sangat memungkinkan.

Sebagai contoh Piala Menpora tahun lalu, ada sekitar 5000 sekolah sepak bola (SSB) dengan pesertanya mencapai 90 ribu atlet dari 386 kabupaten/kota di 34 provinsi.

“Jika kegiatan ini bisa dikemas dan digarap dengan kehadiran LPDUK dengan menggandeng sponsor, tentu akan lebih besar dan bergaung,” ujar Teguh Rahardjo di sela-sela pembukaan turnamen sepakbola Gala Desa sebagai rangkaian puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Ternate, Maluku Utara, Sabtu (8/9).

Teguh yang juga Panitina Haornas 2018 menegaskan, Pemerintah memiliki keterbatasan anggaran. Sehingga tidak menyalahi aturan manakala LPDUK hadir dan bersama-sama menggali sumber pendanaan yang sah, untuk mengoptimalkan event olahraga di Kemenpora.

LPDUK sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan pelaku olahraga, sehingga diharapkan bisa lebih prima dan bersinergi dengan semua pihak, termasuk dengan stakeholder daerah, KONI, KOI, terutama kalangan usaha untuk memberikan kontrbusi pendanaan olahraga.

Sementara, Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK, Pangestu Adi menyambut baik dan siap bersinergi dan mengoptimalkan program unggulan keolahragaan di Kemenpora. Sebab, mengelola event olahraga merupakan salah satu bentuk usaha keolahragaan yang dapat dijalankan oleh LPDUK.

Lembaga yang baru terbentuk setahun ini juga akan bersinergi dengan semua stakeholder olahraga, termasuk pengurus besar (PB) atau organisasi olahraga yang memiliki program atau kalender event yang dapat 'dijual' ke pihak sponsor.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
09-09-2018 07:28