Main Menu

Korut Ancam Melawan Kalau Amerika Latihan Gabungan Dengan Korsel

Birny Birdieni
03-03-2018 23:37

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (REUTERS/Leah Millis/FT02)

Pyongyang, Gatra.com- Korea Utara mengancam akan melawan Amerika Serikat bila tetap mengadakan latihan militer gabungan dengan Korea Selatan. Bahkan pihaknya tidak akan meminta perundingan dengan Washington.

Menurut pengakuan seorang Penasihat Keamanan Presiden Korsel kepada kantor berita Yonhap, Amerika Serikat dijadwalkan akan mulai latihan gabungan dengan Korsel pada awal April mendatang. Bagi Korut, serangkaian latihan tersebut digambarkan sebagai sebuah ancaman akan rekonsiliasi di semenanjung itu.

"Jika AS akhirnya mengadakan latihan militer gabungan sambil tetap memberikan sanksi kepada Korut, maka akan melawan dengan cara penonaktifannya sendiri. AS akan diberi tanggung jawab atas konsekuensi selanjutnya," kata kantor berita resmi Korea Utara KCNA seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (3/3).

Sebelumnya, 23 Februari lalu, Amerika mengatakan kalau pihaknya akan menerapkan sanksi terbesar untuk menekan Korut agar menghentikan nuklir dan misilnya. Bahkan Presiden Donald Trump memperingatkan kalau sanksi fase kedua ini akan sangat disayangkan semua pihak di dunia.

Adapun Korut mengecam sanksi sepihak yang diberikan Trump terhadapnya. Namun ia mengatakan kalau pihaknya masih terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat selama kunjungan pejabat senior Korut ke Korsel untuk Olimpiade bulan lalu.

Mereka bersedia berbicara namun tak akan menhindrai opsi militer yang diklaim Amerika Serikat. Korsel berencana mengirim utusan khusus ke Korut dan sudah Presiden Korsel Moon Jae-in juga sudah menghubungi Trump, Kamis (2/3) akan undangan Pimpinan Kim Jong Un.

"Perdamaian yang diinginkan oleh negara kita dan seluruh dunia mengendap di semenanjung Korea. Situasi tidak diinginkan ini dalam lingkaran konfrontasi setan yang sepenuhnya bergantung pada sikap AS," kata juru bicara tersebut.



Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
03-03-2018 23:37