Main Menu

Saat Benteng Anti Proteksionisme Amerika Gary Cohn Mengundurkan Diri

Birny Birdieni
07-03-2018 07:29

Penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn. (REUTERS/Yuri Gripas/FT02)

Washington, Gatra.com- Penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn, seorang bankir Wall Street yang menentang kenaikan tarif baja dan aluminium direncanakan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengundurkan diri dari jabatannya, Selasa (6/3) waktu setempat.

 

"Merupakan kehormatan untuk melayani negara saya dan memberlakukan kebijakan ekonomi pro-pertumbuhan untuk menguntungkan masyarakat Amerika. Terutama berlakunya reformasi pajak yang bersejarah," ungkap Cohn dilansir dari Reuters, Rabu (7/3). 

 

Dalam kesempatan itu, Cohn juga berterimakasih kepada Trump atas kesempatannya menjabat sebagai Direktur Dewan Ekonomi Nasional lebih dari satu tahun. "Saya berterima kasih kepada Presiden karena telah memberi saya kesempatan ini dan berharap Administrasinya sukses besar di masa depan," ungkapnya.

 

Menyusul berita kepergian Cohn, dolar Amerika Serikat melemah. Sementara dana yang diperdagangkan di bursa yang melacak pasar luas S & P 500 turun 1%.

 

Pengumuman tentang rencana mengenakan tarif baja diumumkan Trump pekan lalu juga membuat harga saham Amerika Serikat turun. Sumber Gedung Putih mengatakan hal ini terjadi setelah perdebatan sengit di Gedung Putih antara Cohn dan pendukung perdagangan bebas lainnya, seperti penasihat proteksionis, Peter Navarro. 

 

Mantan Chief Operating Officer bank investasi Goldman Sachs ini dipandang sebagai benteng pertahanan Gedung Putih dalam melawan kebijakan proteksionisme. Pelobi bisnis sering mengutip Cohn sebagai sekutu terkuat mereka di Gedung Putih.

 

"Gary Cohn adalah salah satu Wall Street sejati yang ada di balik rencana pajak Trump. Dia akan dirindukan. Kami pikir dia mungkin beralih jangka menengah dan menjadi Sekretaris Departemen Keuangan. Dia itu bagus," kata Kepala Pendapatan Tetap Internasional di NatAlliance Securities LLC Andrew Brenner.


Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
07-03-2018 07:29