Main Menu

Indonesia Sambut Baik Pertemuan Korsel-Korut

Bernadetta Febriana
07-03-2018 14:54

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berjabat tangan dengan Kepala utusan
khusus Presiden Korea Selatan, Chung Eui-yong (kiri). (KCNA/via Reuters/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Untuk pertama kalinya, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, bertemu dengan dua petinggi Pemerintah Korea Selatan, Kepala Dinas Intelijen Nasional, Suh Hoon, dan Kepala Penasihat Keamanan Nasional, Chung Eui-yong di Pyongyang. Pertemuan yang dilakukan selama 2 hari di awal pekan lalu mendapat tanggapan positif dari beberapa negara termasuk Pemerintah Indonesia.



Indonesia menyambut baik hasil-hasil positif dari kunjungan utusan khusus Presiden Korea Selatan ke Korea Utara tersebut yang memberikan harapan baru bagi terwujudnya perdamaian di Semenanjung Korea. "Pemerintah Indonesia mendukung sepenuhnya upaya-upaya ke arah perbaikan dalam hubungan antar kedua Korea, termasuk khususnya rencana penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Tinggi di antara kedua pemimpin Korea pada bulan April," demikian menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir seperti dalam rilis yang diterima gatra.com.

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, konsisten pada pendiriannya mengenai pentingnya kawasan Semenanjung Korea yang bebas senjata nuklir dan, karena itu, menyerukan kepada semua pihak untuk bekerjasama ke arah itu.

Pertemuan di Pyongyang tersebut membahas antara lain rencana pertemuan pemimpin tertinggi kedua Korea di perbatasan militer di Panmunjom pada bulan April, yang akan menjadi pertemuan pertama sejak 2007 lalu. Selain itu, Kim Jong Un juga menyatakan kepada Korsel bahwa dirinya sedang mempertimbangakan untuk bernegosiasi dengan Amerika Serikat mengenai program senjata nuklirnya dan akan menghentikan segala kegiatan uji coba senjata selama proses pembicaraan berlangsung.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
07-03-2018 14:54