Main Menu

Sakit, Menlu AS Batalkan Beberapa Acara di Kenya

Bernadetta Febriana
10-03-2018 18:28

Rex Tillerson (REUTERS/Jonathan Ernst/yus4)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Luar Negeri AS Rex Tillerson terpaksa membatalkan beberapa acara dalam kunjungan kerja hari kedua di Kenya karena jatuh sakit. Diduga, Tillerson mengalami kelelahan karena padatnya kunjungan ke beberapa negara di Afrika dan masih harus mendiskusikan rencana pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un.

 

Jurubicara Kementerian Luar Negeri AS, Steve Goldstein menyatakan bahwa pada hari pertama kunjungan di Nairobi, Tillerson sempat bertemu dengan Presiden Kenya Uhurru Kenyatta pada Jumat (09/03) lalu. Namun, seperti dikutip dari Reuters, hari Sabtu karena kondisi kesehatan yang tidak mendukung, lanjut Goldstein, Tillerson terpaksa membatalkan beberapa agenda yang sudah direncanakan seperti kunjungan ke PEPFAR yang merupakan program milik AS untuk menanggulangi masalah AIDS di Afrika dan petemuan dengan Menlu Nigeria Monica Juma.

 

Kunjungan Tillerson ke Nigeria adalah sebagai bagian dari perjalanan diplomatik pertamanya sebagai Menlu AS ke benua Afrika, dimana ia telah mengunjungi Ethiopia, Djibouti serta Kenya. Selain itu, direncanakan akan berkunjung ke Nigeria dan Chad. 

 

Masalahnya, selain kunjungan yang padat dengan berbagai agenda di Afrika, mantan CEO ExxonMobil ini juga harus melakukan diskusi panjang dengan para stafnya mengenai rencana pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. 


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
10-03-2018 18:28