Main Menu

Fisikawan Teori Lubang Hitam Stephen Hawking Meninggal

Birny Birdieni
14-03-2018 11:25

Fisikawan teoritis Stephen Hawking. (REUTERS/Andrew Winning/FT02)

Artikel Terkait

Cambridge, Gatra.com- Ahli fisika teoritis Stephen Hawking yang dikenal dengan teori lubang hitam dan relativitas meninggal pada usia 76 tahun, Selasa (13/3) waktu setempat. Pria kelahiran Oxford, Britania Raya, 8 Januari 1942 itu merupakan penulis dari beberapa buku sains popular.

 

Beberapa diantaranya adalah "A Brief History of Time" Tahun 1988 dan "Black Holes and Baby Universes and Other Essays" pada 1993. Lalu pada 2001 "The Universe in a Nutshell","Most Astounding Papers of Quantum Physics and How They Shook the Scientific World di 2011. Hingga "My Brief History pada 2013.

 

Ketiga anaknya, Robert, Lucy dan Timothy mengatakan bahwa mereka berduka akan kepergian ayah tercinta mereka. "Dia adalah ilmuwan hebat dan pria luar biasa dimana pekerjaan dan warisannya akan hidup selama bertahun-tahun," ungkapnya dilansir dari BBC, Rabu (14/3).

 

Mereka memuji keberanian dan ketekunan Stephen. Hingga kecemerlangan serta humor ilmuwan yang juga menjadi pemain bintang tamu pada serial komedi "The Big Bang Theory" yang berperan sebagai dirinya sendiri itu.

 

Stephen yang terkena kelumpuhan karena sklerosis lateral amiotrofik itu merupakan sosok yang mengilhami orang di seluruh dunia. Dia pernah berkata, "Tidak akan banyak alam semesta jika tidak ada tempat bagi orang yang Anda cintai. Kami akan merindukannya selamanya," kata ketiga anaknya tersebut mengenang.


Editor : Birny Birdieni

 

 

 

Birny Birdieni
14-03-2018 11:25