Main Menu

Inilah Tindakan Balasan Inggris untuk Rusia

Rohmat Haryadi
15-03-2018 19:25

Theresa May di hadapan parlemen membeberkan sanksi buat Rusia (Press Association/PA)

London, Gatra.com -- Perdana Menteri Theresa May, hari ini meluncurkan serangkaian tindakan yang diambil terhadap Rusia, atas serangan senjata kimia terhadap mantan mata-mata Rusia. Theresa May telah mengumumkan sebuah serangkain tindakan keras melawan Rusia setelah keracunan mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal dan putrinya Yulia. Inilah langkah-langkah itu sebagaimana dilansir Dailymail, 15 Maret 2018.

 

Pengusiran Diplomat

Inggris akan mengusir 23 staf kedutaan Rusia yang telah diidentifikasi sebagai 'petugas intelijen yang tidak diumumkan' dari negara tersebut dalam waktu seminggu. Ini adalah pengusiran diplomat terbesar sejak 1971, ketika Ted Heath menendang 90 staf Soviet keluar Inggris setelah menemukan sebuah mata rantai mata-mata komunis yang besar.

Semua kontak tingkat tinggi dengan Rusia juga akan ditangguhkan sebagai protes. Undang-undang anti-spionase yang baru, dan ketat akan diajukan untuk membantu melumpuhkan kemampuan intel Rusia di Inggris.

Piala Dunia

Menteri dan Keluarga Kerajaan akan memboikot sepak bola Piala Dunia di Rusia musim panas ini. Inggris berharap sekutu lain juga akan mengikuti jejaknya.

Sanksi yang Lebih Berat

Theresa May juga memberi isyarat bahwa warga Rusia yang ingin datang ke Inggris dan menjalani kehidupan tinggi di London akan menghadapi pemeriksaan dan sanksi baru yang sulit. Pemerintah sekarang akan mengubah amandemen untuk membawa Undang-Undang yang menjatuhkan sanksi kepada orang-orang Rusia yang terkait dengan korupsi atau pelanggaran hak asasi manusia.

Pemeriksaan Pesawat Pribadi

Sementara cek pada warga negara Rusia yang datang ke Inggris akan ditingkatkan. Ini akan mencakup pemeriksaan yang meningkat terhadap penerbangan pribadi dan pemeriksaan bea cukai tambahan. Inggris juga akan membekukan aset negara Rusia.

Perang Cyber?

Nyonya May menyarankan akan ada tindakan terselubung yang tidak akan diumumkan - petunjuk nyata tentang serangan cyber. Tetapi ini tidak mungkin dikonfirmasi pemerintah secara resmi.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
15-03-2018 19:25