Main Menu

Wow Aplikasi Lamaran Steve Jobs Laku Rp2,4 milyar

Birny Birdieni
18-03-2018 23:06

Aplikasi lamaran kerja Steve Jobs dilelang Rp 6,8 miliar.(Dok. RRAuction/FT02)

Los Angeles, Gatra.com- Tidak akan ada yang menyangka, selembar aplikasi pekerjaan bisa bernilai ratusan ribu dollar Amerika Serikat. Namun itu terjadi pada lelang satu halaman surat lamaran kerja yang diisi oleh pendiri Apple, Steve Jobs empat dekade lalu terjual seharga US$174.757 atau setara dengan Rp2,4 milyar.

Nilai itu tiga kali lebih mahal dari estimasi yang diperkirakan sebelum penjualan yakni seharga U$50.000. Pembelinya adalah seorang pengusaha internet asal Inggris lewat rumah pelelangan RR Auction berbasis di Boston. Pemenangnya ingin tetap anonim namanya.

Dokumen tahun 1973 itu tidak menyebutkan apa posisi atau perusahaan mana aplikasi lamaran itu dituju. Namun tiga tahun setelah itu, Jobs dan temannya Steve Wozniak mendirikan Apple.

Dalam aplikasi itu lengkap dengan ejaan dan tanda baca eror. Formulirnya mencantumkan nama Steven Jobs dengan alamat Kampus Reed College di Portland, Oregon yang ia ikuti hanya satu semester.

Kemudian pada kolom telepon, pria kelahiran 24 Februari 1955 yang meninggal 5 Oktober 2011 karena kanker itu menulis tidak ada.

Adapun di bawah kolom bagian keahlian khusus, Jobs menulis Insinyur Teknik atau Perancang Digital. Referensinya adalah merintis perusahaan Teknologi California, Hewlett Packard dan area teluk San Fransisco.

Dalam opini RR Auction, harga tinggi tersebut mencerminakan bahwa pengaruh pria bernama lengkap Steven Paul Jobs itu masih terus berlanjut. "Ada banyak kolektor mendapat pendapatan sekali pakai ketika menggunakan teknologi Apple, kami harapkan hasil yang sama juga," kata Wakil Presiden Eksekutif RR Auction, Bobby Livongston seperti dikutip Reuters, Minggu (18/3).

Misalnya, lelang online untuk manual teknis Apple Mac OS X yang ditandatangani oleh Jobs pada tahun 2001 dijual seharga US$ 41.806.

Lalu serentetan surat kabar yang ada bubuhan tandatangan langkanya dari tahun 2008 dijual seharga US$ 26,950. Disana menampilkan gambar Jobs yang berbicara di Apple Developers Conference.


Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
18-03-2018 23:06