Main Menu

Serangkaian Pertemuan Dilakukan Pra KTT Trump dan Kim Jong Un

Birny Birdieni
19-03-2018 01:43

Diplomat Korea Utara Choe Kang Il di Bandara Internasional Beijing, Cina, (18/03). (REUTERS/Thomas Peter/FT02)

Beijing, Gatra.com- Wakil Direktur Jenderal untuk urusan Amerika Utara di Kementerian Luar Negeri Korea Utara, Choe Kang II akan menghadiri "Perundingan 1,5 Jalur" yang mencerminkan adanya kontak pertemuan dengan mantan pejabat Amerika Serikat dan Korea Selatan.

 

Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa ada serangkaian pertemuan diplomat ini akan memunculkan kemungkinan KTT Amerika Serikat- Korea Utara. Dimana sinyal awalnya adalah keberangkatan Diplomat senior Korut itu ke Finlandia, Minggu (18/3).

 

Perundingan Finlandia akan menambah kesibukan diplomatik menjelang KTT tersebut yang diperkirakan pada April dan Mei mendatang. Dikutip dari Reuters, CHoe yang ditemui saat tiba di Bandara Beijing dalam perjalanan ke negara di Eropa Utara itu enggan berkomentar.

 

Namun seorang perwakilan Departemen Luar Negeri di Washington mengatakan bahwa mereka tidak memiliki informasi mengenai pertemuan di Finlandia.

 

Sabtu (17/3) para menteri luar negeri Korut dan Swedia mengakhiri perundingan selama tiga hari mengenai keamanan di semenanjung Korea dalam persiapan sebelum pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Kim Jong Un.

 

Pihak Korsel mengatakan sedang mencari perundingan tingkat tinggi dengan Korut pada bulan ini sebagai persiapan KTT dimana Presiden Moon Jae-in akan bertemu dengan Presiden Donald Trump, sebelum rencana pertemuan dengan pemimpin Korea Utara yang direncanakan oleh Amerika Serikat.

 

Dalam percakapan per telepon, Moon dan Trump menyuarakan "optimisme hati-hati" akan upaya penyelesaian krisis senjata nuklir Korut.


Editor: Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
19-03-2018 01:43