Main Menu

Perang Dagang Trump: Cina Membalas

Rosyid
23-03-2018 11:49

Pabrik baja di Cina (REUTERS/Tyrone Siu/yus4)

Beijing, Gatra.com - Cina mengumumkan aksi balasan terhadap kebijkaan 'perang dagang' Trump.  Negara ini akan mengenakan tambahan tarif pada barang-barang impor dari AS senilai USD 3 miliar. Termasuk produk dari baja hingga daging babi. Kementrian Perdagangan rencananya akan mengenakan bea masuk 25 persen untuk daging babi dan 15 persen untuk pipa baja, buah dan anggur.

 

Selain itu, Cina akan membawa masalah ini ke World Trade Organization. Cina ini mendapat penyelesaian secara hukum dari kasus ini. Dalam pernyataannya Jumat (23/3) Cina mendesak AS menyelesaikan sengketa ini lewat jalur dialog. 

 

Sebelumnya Trump sudah memerintahkan Perwakilan perdagangan AS, Robert Lighthizer untuk memberlakukan tarif baru untuk impor Cina senilai USD 50 miliar.  Dalam 15 hari, lembaga ini akan menyiapkan daftar produk yang akan dikenakan tarif bea masuk lebih tinggi.

 

Pengumuman tentang pengenaan tarif yang lebih luas terhadap produk-produk impor Cina mengirim harga saham di AS ke titik lebih rendah. S&P 500 Index turun 2.5 persen, penurunan terbesar dalam enam minggu. Indeks saham di negara-negara lain seperti Tokyo hingga Hongkong juga tumbang lebih dari 3 persen. 

 

"AS mendeklarasikan perang dagang tetapi Cina bertindak lebih terkendali. Daftar yang diumumkan Cina tampaknya merupakan pembalasan tetapi masih sangat terukur," kata Li Yong, senior fellow China Association of International Trade seperti dikutip Bloomberg. "Langkah itu mengirim sinyal bahwa Cina juga bisa melawan, namun kami ingin perdangangan yang damai bukan perang dagang."


 

Editor: Rosyid

Rosyid
23-03-2018 11:49