Main Menu

Trump Isyaratkan Tarik Pasukan Militer di Suriah

Birny Birdieni
31-03-2018 13:20

Presiden AS Donald Trump (Reuters/yus4)

Florida, Gatra.com- Pertemuan Dewan Keamanan Nasional awal pekan depan akan menjadi ajang diskusi bagi pimpinan Amerika Serikat tentang upaya perlawanan pada Islamic State atau ISIS di Suriah.

 

Pada pertemuan itu akan menjadi momentum dalam pembahasan keinginan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk menarik pasukan militernya meninggalkan Suriah.

Menurut dua pejabat senior pemerintah yang enggan disebutkan namanya, sikap tersebut bisa jadi bertentangan dengan pejabat militer AS dimana pertempuran itu hampir usai. "Trump telah menjelaskan bahwa begitu ISIS dan sisa-sisanya dihancurkan, Amerika Serikat akan mencari negara-negara di kawasan itu yang memainkan peran lebih besar dalam menjamin keamanan dan meninggalkannya pada saat itu," katanya dilansir dari Reuters, Sabtu (31/3).

 

Sebelumnya Trump mengatakan bahwa pasukan AS akan segera keluar dari Suriah. "Kami akan segera keluar dari Suriah," ia menegaskan. "Biarkan orang lain yang mengurusnya sekarang," kata Trump menambahkan.

 

Dalam laporan Wall Street Journal, Jumat (30/3) waktu setempat, dua pejabat pemerintah lainnya mengatakan bahwa Trump telah memerintahkan Departemen Luar Negeri untuk membekukan dana lebih dari US$200 juta untuk pemulihan di suriah. Sebab adminstrasi pemerintah memiliki peran dalam konflik tersebut.

 

Langkah Trump itu setelah membaca laporan kalau AS baru saja menambah dana untuk menstabilkan wilayah Suriah. Anggaran tersebut diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Rex Tillerson pada Februari lalu, saar pertemuan Koalisi Global Melawan Negara Islam di Kuwait.

 

Adapun Pentagon memperkirakan bahwa Negara Islam telah kehilangan sekitar 98 persen dari wilayah yang pernah dimilikinya di Irak dan Suriah. Para pejabat militer AS juga memperingatkan bahwa militan dapat memperoleh kembali wilayah-wilayah yang dibebaskan itu dengan cepat terkecuali mereka distabilkan.

 


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
31-03-2018 13:20