Main Menu

AS dengan Cina Bersitegang, Senator AS : Kebijakan Amerika Serikat Terhadap Cina Telah Salah Arah

Gandhi Achmad
01-04-2018 21:41

Senator Elizabeth Warren.(REUTERS/Gary Cameron/re1)

Beijing, Gatra.com - Menurut Senator Elizabeth Warren kebijakan Amerika Serikat (AS) terhadap Cina telah salah arah selama beberapa dekade terakhir. Kini para pembuat kebijakan sedang intensif akan mengkalibrasi ulang hubungan.


Kunjungan Warren ke Beijing selama tiga hari sejak Jumat (30/3) lalu, berlangsung di tengah Presiden AS Donald Trump sedang mempersiapkan untuk menerapkan tarif impor lebih dari US$ 50 milyar untuk barang-barang Cina. Langkah tersebut merupakan hukuman untuk Beijing, yang diduga telah secara sistematis menyalahgunakan kekayaan intelektual AS atau melanggar hak cipta.


Setelah bertahun-tahun Negeri Paman Sam telah keliru mengasumsikan keterlibatan ekonomi Cina akan mengarah lebih terbuka. Padahal pemerintah AS sudah membangun hubungan dengan Cina, diantaranya para perusahaan AS diminta menyerahkan pengetahuan atau teknolgi mereka agar mendapat imbalan akses ke pasar Beijing.

 

“Namun, seluruh kebijakan itu salah arah. Kami menceritakan kisah wajah bahagia yang tidak pernah sesuai dengan fakta,” kata Warren kepada wartawan, seperti dilansir Reuters, Sabtu (31/3).

 

Di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara dua negara ekonomi terbesar di dunia ini. Warren mengakui, “Sekarang para pembuat kebijakan AS mulai terlihat lebih agresif dalam mendorong Cina untuk membuka pasar tanpa menuntut harga dan akses ke teknologi AS,” kata Warren.

 

Kunjungan tersebut, selain membahas masalah perdagangan juga persoalan Korea Utara. Warren bertemu dengan pejabat senior Cina, termasuk Liu He, wakil perdana menteri untuk kebijakan ekonomi, Yang Jiechi, diplomat top, dan Menteri Pertahanan Wei Fenghe.

 

Warren mengatakan kepada pejabat tersebut, bahwa AS tidak dapat mendukung sistem ekonomi yang lebih terintegrasi dengan Cina,  jika Beijing gagal menghormati hak asasi manusia.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
01-04-2018 21:41