Main Menu

Mahathir Cekal Najib Razak

Cavin Rubenstein M.
12-05-2018 21:14

Perdana Menteri Malaysia terpilih, Mahathir Mohamad. (REUTERS/Stringer/FT02)

Kuala Lumpur, Gatra.com -- Di awal masa pemerintahannya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhamad sudah menunjukkan ketegasan terhadap pendahulunya. Mahathir yang baru dilantik, Kamis (10/5) kemarin, mencekal Najib Razak, Perdana Menteri Malaysia sebelum dirinya.

 

Menurut Mahathir, Najib dilarang bepergian keluar negeri per hari Sabtu (12/5) ini, karena sudah ada cukup bukti yang kuat untuk memulai penyelidikan terhadap dugaan skandal keuangan yang melibatkan Najib.

"Memang benar, saya mencegah Najib meninggalkan Malaysia," kata Mahathir dalam konferensi pers, Sabtu (12/5) siang waktu setempat, seperti dilansir oleh Reuters. Konfirmasi itu datang dari Mahathir, karena beredar informasi bahwa pihak Imigrasi Malaysia telah mengeluarkan larangan bepergian bagi Najib Razak dan istrinya, Rusmah Mansur.

"Sudah ada cukup bukti, bahwa proses penyelidikan terhadap kasus yang diduga dilakukan oleh mantan perdana menteri. Dan bila perlu, hukum yang tegas akan diberlakukan," kata Mahathir lebih lanjut.

Ia juga mengatakan bahwa Jaksa Agung yang pernah menyatakan Najib Razak tidak terlibat dalam skandal korupsi 1 Malaysia Development Berhad (1MDB), sudah dinonaktifkan. Akan tetapi sampai dengan laporan ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Kejaksaan Agung Malaysia.

Tak hanya bersih-bersih, berselang beberapa hari dari pelantikan, Mahathir juga langsung tancap gas bekerja. Ia bersama Wan Azizah Wan Ismail, Wakil Perdana Menteri dan juga istri dari tokoh oposisi Anwar Ibrahim, sudah mengangkat menteri untuk mengisi posisi kabinet.

 


Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
12-05-2018 21:14