Main Menu

Gaji CEO ini Lebih Besar dari Boss Apple

Rosyid
16-05-2018 12:59

Wan Long, Chairman dan CEO WH Group, perusahaan daging babi terbesar di dunia. (REUTERS/Bobby Yip/RT)

Hong Kong, Gatra. com - Namanya tidak setenar CEO global lainnya tapi soal gaji, Wan Long adalah eksekutif dengan bayaran termahal diantara perusahaan yang terdaftar di bursa Hong Kong. Mantan manajer pabrik ini berhasil mengubah BUMN menjadi pengolah daging babi terbesar di dunia.

 

Kompensasi yang diterima Wan mencapai US291 juta (Rp 4,1 triliun) dalam bentuk gaji dan saham. Hal itu terungkap dalam laporan tahunan WH Group Ltd., perusahaan yang dipimpinnya. Berdasarkan data yang dikumpulkan Bloomberg kompensasi yang diterima Wan tahun 2017 bahkan lebih besar dari gabungan pendapatan 26 orang  CEO  perusahaan di bursa saham Hong Kong.

 

Pendapatan yang diperolehnya juga lebih banyak dari CEO perusahaan AS yang terkenal seperti Tim Cook, CEO Apple,  Elon Musk, CEO Tesla Inc., dan Blankfein CEO Goldman Sach Group Inc. Dia bahkan bisa dimasukkan dalam kelompok eksektif yang paling mahal didunia.

 

WH Group melalui anak perusahaan Smithfield Foods yang berbasis di Virginia Amerika Serikat dan perusahaan daging Cina Henan Shuanghui Investment & Development Co.  mengoperasikan peternakan babi dan pabrik di Cina, AS dan Eropa. Juga menjual merek-merek Sosis Farmland dan Ekrich.

 

Gaji besar yang diterimanya bukan hanya tahun ini. Antara 2013 - 2017 dia mendapat USD 759 juta. Pengusahaan saham perusahaan naik dari 9 persen - 19 persen. Nilai pasarnya sekitar USD 15 miliar.


 

Editor: Rosyid

Rosyid
16-05-2018 12:59