Main Menu

China Siap tingkatkan Impor Dari Amerika Serikat, Sinyal Positif Meredam Perang Dagang

Annisa Setya Hutami
20-05-2018 13:34

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Shanghai international port. (Shutterstock/FT02)

Washington, Gatra.com - Perang dagang antara China dan Amerika Serikat tampaknya mulai menunjukkan tanda-tanda perdamaian. Dalam pembicaraan perdagangan yang intensif di Washington pada Sabtu lalu (19/4), China sepakat untuk mengurangi defisit perdagangannya dengan AS yang mencapai US$ 335 Miliar dengan meningkatkan pembelian barang dan jasa AS terutama pada sektor energi dan komoditas pertanian. 

 

"Terdapat konsensus mengenai pengambilan langkah-langkah efektif secara substansial guna mengurangi defisit perdagangan Amerika Serikat dengan China," ucap pernyataan bersama kepada Reuters pada Sabtu (19/5).

Mengamati kebutuhan konsumsi masyarakat China yang terus meningkat, Pemerintah China berencana secara signifikan meningkatkan impor dari AS. Kantor berita China Xinhua melaporkan pernyataan kedua pemerintah tidak akan melanjutkan perang dagang. “Bersumpah tidak akan meluncurkan perang dagang terhadap satu sama lain," kata keduanya .

Selain itu, Amerika Serikat juga akan mengirimkan tim ke China untuk menyusun rincian peningkatan ekspor pertanian dan energy. Yang sedang dibahas yaitu pembelian utama gas alam dari AS. Termasuk perbincangan mengenai kontrak dengan perusahaan AS untuk membangun fasilitas penerimaan dan pemrosesan LNG di China.

Washington menuntut China menurunkan surplus perdagangan hingga mendekati US$ 200 miliar. Angka yang menurut sebagian besar ekonom tidak mungkin tercapai karena membutuhkan perubahan besar dalam komposisi perdagangan antar kedua negara. Hingga akhir Kamis lalu, para pejabat AS masih membujuk China memenuhi angka tersebut.

 


Reporter: Annisa Setya Hutami (ASH)

Editor: Hendri Firzani

 

 

 

 

 

 

Annisa Setya Hutami
20-05-2018 13:34