Main Menu

Menlu AS: Pegawai Kedubes di Cina Mengalami ’Serangan Sonik’

Rosyid
24-05-2018 10:59

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (REUTERS/Yuri Gripas/FT02)

Washington, Gatra.com - Menjelang pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Cina di Washington, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengeluarkan pernyataan tentang kasus 'serangan sonic' di Cina. Serangan terhadap seorang pegawai kedubes AS di Cina itu menyebabkan yang bersangkutan mengalami gegar otak ringan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan cedera otak yang diderita seorang pejabat Amerika di China mirip "serangan sonik" terhadap diplomat AS dan Kanada di Kuba tahun lalu. "Indikasi medis sangat mirip dan konsisten dengan yang telah terjadi pada orang Amerika yang bekerja di Kuba," katanya.

Disebutkan, pegawai berkebangsaan AS itu melaporkan mengalami 'sensasi suara dan tekanan' halus dan samar-samar tetapi abnormal yang dialami di kawasan selatan Guangzhou. Setelah pemeriksaan medis, dideteksi mengalami cedera otak ringan.

Untuk memecahkan teka teki itu, Pemerintah AS mengirim tim medis ke daerah itu untuk menangani kasus itu, "Kami sedang bekerja untuk mencari tahu apa yang terjadi di Havana dan sekarang di China juga," kata Pompeo, di washington, Rabu waktu setempat, seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (24/5).

Beberapa jam sebelumnya pernyataan Pompeo kedutaan Besar AS di China mengeluarkan peringatan kesehatan bagi warga Amerika yang tinggal di negara itu.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi yang sedang berkunjung ke Washington untuk bertemu Pompeo mengatakan AS jangan mempolitisir kasus tersebut.

"Kami tidak ingin kasus individual ini menjadi besar, rumit atau bahkan dipolitisasi," Wang mengatakan pada media. "Cina telah menyelidiki masalah ini dengan sangat bertanggung jawab. Kami belum menemukan organisasi atau individu mana pun telah melakukan pengaruh sonik seperti itu," tambahnya. Dia lalu menyarankan AS melakukan penyelidikan 'itnernal' ke dalam kasus ini.

Tahun lalu, 24 orang diplomat AS dan keluarganya menderita keluhan misterius yang menyerupai trauma otak yang diduga karena 'serangan sonik'. Keluhan yang sama juga dialami 10 orang diplomat Canada dan keluarganya.

kejadian misterius itu dikaitkan dengan berbagai teori termasuk serangan sonik, senjata elektromagnetik dan perangkat mata-mata yang rusak.

Insiden yang masih gelap itu memicu keretakan hubungan AS-Cuba.


Editor: Rosyid

Rosyid
24-05-2018 10:59