Main Menu

Moon dan Kim Gelar Pertemuan Dadakan untuk Merajut Kembali Pertemuan AS-Korut

Gandhi Achmad
27-05-2018 14:02

Presiden Moon Jae-in bertemu Kim Jong Un. (REUTERS/FT02)

Seoul, Gatra.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya untuk "menyelesaikan" denuklirisasi semenanjung Korea dan akan melakukan pertemuan yang direncanakan dengan Presiden AS Donald Trump. Hal itu tertuang dalam pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dengan Kim Jong Un yang berlangsung secara dadakan di Desa Panmunjom, pada hari Sabtu (26/5).

 

 

 

Pertemuan yang berlangsung dua jam tersebut terlaksana merespon keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang membatalkan pertemuan bersejarah dengan Pemimpin Tertinggi Korea UtaraKim Jong Un.

 

Menurut para pejabat Korea Selatan, seperti dilansir Reuters, pada pertemuan itu, kedua pemimpin negara menyatakan akan bekerja sama menuju semenanjung Korea yang bebas nuklir dan mengakhiri secara resmi Perang Korea 1950-53.

 

“Kedua pemimpin secara terbuka bertukar pandangan tentang membuat pertemuan Korea Utara-AS berlangsung. KTT yang berhasil dan tentang penerapan Deklarasi Panmunjom,” kata juru bicara kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

 

Sayangnya, sang juru bicara tidak menjelaskan bagaimana proses pertemuan Moon dan Kim diatur atau pihak mana yang memintanya. Sedangkan pernyataan dari kantor berita negara Korea Utara, KCNA, mengatakan bahwa Kim masih dalam keinginan awalnya untuk kemungkinan bertemu dengan Trump seperti yang direncanakan sebelumnya pada 12 Juni. 

 

Sementara itu, di Washington, Presiden AS Donald Trump mengisyaratkan bahwa persiapan untuk KTT AS-Korut pada 12 Juni mendatang akan berlangsung, meskipun sempat terjadi pembatalan pertemuan pada pekan lalu.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
27-05-2018 14:02