Main Menu

Dituduh Terlibat Kartel, Saham ANZ ANjlok

Hendri Firzani
01-06-2018 13:23

Logo ANZ Bank. (REUTERS/David Gray/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Dunia Perbankan Australia geger. Pasalnya, Bank terbesar ketiga di Australia dan Selandia Baru ANZ Bank, menghadapi tuduhan serius dari Kejaksaan Australia. ANZ bersama Deutsche dan Citigroup dituduh melakukan kartel atas penempatan saham senilai US$ 2,3 Miliar. 

 

Sebagaimana dikutip Reuters, pihak penyelidik federal Australia sedang menyelidiki kasus penempatan saham yang terjadi pada 2015 tersebut. Pihak Komisi persaingan usaha dan konsumen Australia (ACCC) menyebutkan bahwa jaksa federal akan segera mengenakan uang jaminan kepada ANZ, bendahara Rick Moscati, dua perusahaan lainya serta beberapa pihak lainnya.

"Tuduhan terkait dugaan adanya kartel yang mengatur perdagangan saham ANZ setelah penempatan saham institusional ANZ pada Agustus 2015," kata Ketua ACCC Rod Sims dalam sebuah pernyataan. Deutsche Bank  dan Citigroup yang menjadi dua diantara tiga  underwriter ANZ untuk masalah saham, mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa mereka tidak melakukan kesalahan sebagaimana dituduhkan. 

Tuduhan itu sendiri menekan  saham ANZ di bursa saham Australia anjlok cukup dalam. Saham ANZ turun sebanyak 2,4 persen pada awal perdagangan Jumat, sementara bank lain turun sekitar 1 persen, di tengah pasar yang secara keseluruhan ikut turun sebesar 2,7%

 


 

 

Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
01-06-2018 13:23