Main Menu

Jelang Pertemuan Trump-Kim di Singapura, Presiden Trump : Hanya Ada Kesempatan Satu Kali Jangan Sia-siakan

Gandhi Achmad
10-06-2018 21:52

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.(Reuters/re1)

Singapura, Gatra.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah tiba di Singapura untuk melakukan pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Kim tiba di Bandara Changi Singapura menggunakan pesawat pribadi Boeing 747 milik Air China pada Minggu (10/6).

 

Sejarah mencatat, pertemuan ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Korea Utara bertemu dengan presiden AS yang sama-sama masih menjabat. Pertemuan puncak kedua pemimpin negara ini akan berlangsung di Pulau Sentosa, Singapura, pada hari Selasa (12/6).

 

Setelah menghadiri KTT G-7 tentang perdagangan, Presiden Trump akhirnya langsung mendarat di Singapura. "Kami memiliki kesempatan untuk mencapai hasil yang benar-benar indah untuk Korea Utara dan Dunia," kata Trump dalam twitternya, seperti dilansir USA Today.

 

Trump mentweet ketika dirinya dalam perjalanan bersejarah ke Singapura. Ia pun memprediksi bahwa rekannya Kim Jong Un akan bekerja sangat keras untuk melakukan sesuatu yang jarang dilakukan sebelumnya. “Ciptakan kedamaian dan kemakmuran besar untuk negerinya,” kata Trump.

 

Presiden AS ke-45 ini pun menawarkan untuk mengurangi sanksi ekonomi terhadap Korea Utara dengan imbalan denuklirisasi. Ia juga sepertinya memperingatkan Kim bahwa KTT itu adalah kesempatan satu kali yang tidak boleh disia-siakan.

 

Washington mengharapkan KTT ini sebagai proses awal yang pada akhirnya akan membuat Kim mengakhiri proyek senjata nuklirnya. Dalam 18 bulan terakhir, hubungan kedua pemimpin mengalami pasang-surut yang diwarnai saling menyudutkan dan bahkan ancaman perang.

 

Sampai akhirnya berubah draktis dan kedua pemimpin negara ini bersedia bertatap muka langsung. Rencananya, Kim dan Trump akan bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong terlebih dahulu sebelum KTT digelar.


 

Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
10-06-2018 21:52