Main Menu

Wartawan Senior India Tewas Ditembak di Kashmir

Hendri Firzani
15-06-2018 06:02

Evakuasi jenazah Syed Shujaat Bukhari ( REUTERS/Danish Ismail/yus4)

 

Jakarta, Gatra.com - Editor senior koran berbahasa Inggris 'Rising Kashmir' Shujaat Bukhari tewas ditembak oleh orang tak dikenal di luar kantornya di Srinagar, kamis kemarin (14/6). Bukhari sedang di atas mobilnya saat ia dihujani tembakan dari luar mobilnya. Dua orang pengawalnya juga ikut terluka.

 

Menteri utama Jammu dan Kashmir Mehbooba Mufti mengutuk serangan tersebut. Sebagaimana dikutip Times of India, Mufti mengatakan sangat terkejut dan merasakan kesedihan yang mendalam atas tewasnya Bukhari.

“Teror yang muncul di malam idul fitri, sangat mengerikan. Kami mengutuk keras kekerasan tak berperikemanusian dan berdoa semoga almarhum tenang. Duka mendalam untuk keluarga beliau," ujar Mufti dalam tweetnya.

Bukhari (48) pernah menjadi pemimpin redaksi  "Rising Kashmir' dan sebelumnya menjadi koresponden  koran terbesar di India  'The Hindu'.

Kasus pembunuhan terhadap Bukhari menambah panjang daftar pembunuhan wartawan di India.  Sejak 2012 hingga 2016, telah terjadi 18 pembunuhan terhadap wartawan di India. Negara Anak benua ini tercatat menjadi salah satu negara berbahaya bagi wartawan.


 

Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
15-06-2018 06:02