Main Menu

Incar Muslim, Kelompok Ultra Kanan Prancis Digulung

Rosyid
25-06-2018 14:57

Remaja Muslimah di Bordeaux, Prancis. (REUTERS/FT02)

Paris, Gatra.com - Aparat keamanan Prancis menangkap sepuluh orang yang terkait dengan kelompok radikal sayap kanan atas dugaan menyiapkan serangan terhadap kaum muslim. Penangkapan dilakukan Sabtu malam dalam operasi di seluruh Prancis termasuk, seperti dilaporkan laman France24, Senin (25/6) mengutip AFP.

Menurut sumber yang mengetahui penyelidikan itu, para tersangka memiliki rencana untuk melakukan tindak kekerasan dengan target orang-orang beragama Islam. Sumberlain menyebutkan kelompok itu berusaha menyerang target-target yang terkait dengan Islam radikal.

Prancis mengalami serangan yang dikaitkan dengan Islam sejak awal 2015. Pelaku serangan adalah orang-orang yang mengalami radikalisasi ataupun mengklaim atas nama ISIS. Serangan-serangan itu menewaskan hingga 240 orang.

Para tersangka sedang dipantau badan intelijen Prancis, DSGI. Dari pesan-pesan yang disadap menunjukkan mereka sedang berusaha mencari senjata. Pihak keamanan juga menyita beberapa senjata.

Menurut data Pew Research Center yang berbasis di AS, Prancis menjadi tempat tinggal bagi sekitar 5,7 juta Muslim atau hampir sembilan persen dari populasi negara itu.


Editor: Rosyid

Rosyid
25-06-2018 14:57