Main Menu

Jepang Protes Keras ke Cina Gara Gara Kapal ini

Rosyid
30-06-2018 08:32

Citra satelit rig pengeboran gas milik Cina di Laut Cina Timur. (Dok.amti.csis.org/FT02)

Tokyo, Gatra.com - Pemerintah Jepang protes keras kehadiran kapal China yang diduga akan melakukan pengeboran gas laut dalam di kawasan yang masih dipersengketakan di Laut Cina Timur.

"Ini sangat disesalkan, Cina meneruskan aktifitas pengembangan unilateral," kata Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono, Jumat (29/6) kepada the Japan News.

Kapal Kantan 4 diyakini memiliki kemampuan melakukan pengeboran laut dalam, sudah berada diposisi dekat garis geografis yang masih dipersengketakan kedua negara.

"Aktifitas ini dilaksanakan sebelum garis batas laut dibuat, tidak baik untuk persahabaan kedua negara," kata Ono. "Kami telah mengajukan protes keras."

Pada Juni 2008, Jepang dan China setuju untuk memulai pengembangan gas bersama di Laut Cina Timur. Namun pembicaraan lebih deail terhenti, sementara Cina melanjutkan kegiatan pembangunan.

Menteri Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan pada konferensi pers bahwa Tokyo akan terus mendesak Beijing untuk menerima dimulainya kembali pembicaraan awal dan melaksanakan perjanjian.


Editor: Rosyid

Rosyid
30-06-2018 08:32