Main Menu

Cina Keluarkan Travel Warning ke AS

Cavin Rubenstein M.
04-07-2018 13:15

Ilustrasi. (shutterstock/602821019/RT)

Beijing, Gatra.com - Perang dagang Amerika Serikat dengan Cina memasuki babak baru. Selasa (3/7) kemarin, Kedutaan Besar Republik Rakyat Cina di Washington, Amerika Serikat, mengeluarkan peringatan keamanan bagi warga negara Cina yang hendak bepergian ke AS.


Lewat pengumuman yang dipublikasikan di situsnya, Kedubes Cina di AS memperingatkan kepada turis Cina untuk mewaspadai beberapa hal sebelum berkunjung ke negeri Paman Sam. "Keamanan di AS tidak bagus. Ada banyak penembakan, perampokan, dan pencurian," demikian bunyi pengumuman di situs mereka.

Selain itu, Kedubes Cina juga diminta mewaspadai isu lain di luar keamanan. Misalnya biaya perawatan kesehatan yang mahal, penipuan lewat telepon, bencana alam, sampai potensi penggeledahan serta penyitaan barang oleh petugas bea cukai AS.

"Pelancong di AS harus waspada terhadap sekitar mereka, dan curiga terhadap orang asing, serta menghindari pergi sendirian di malam hari," demikian bunyi himbauan itu lebih lanjut.

Pesan keamanan yang cenderung remeh ini mencurigakan, karena saat ini kedua negara sedang bersitegang dalam hal perang tarif impor. Awal Juni kemarin, Trump berencana menetapkan tambahan tarif impor untuk beberapa produk dari Cina. Di sisi lain, Cina berencana membalas dengan menetapkan tambahan tarif impor serupa untuk beberapa produk komoditas dari AS.

Pihak Kementerian Luar Negeri Cina sendiri membantah dugaan tersebut. Menurut mereka, Travel Warning ke AS tidak dilandasi oleh motif politik. "Peringatan semaam ini masih masuk dalam lingkup kerja kita," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Lu Kang, seperti dikutip dari Reuters. Menurut Lu, saat ini sudah masuk dalam musim liburan dan kemungkinan besar ada banyak warga Cina yang sedang berencana melancong ke Amerika Serikat.



Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
04-07-2018 13:15