Main Menu

AirAsia x : Pesan 100 Armada, Indonesia Jadi Salah Satu Negara Pencicip Pertama A330neo

Birny Birdieni
20-07-2018 00:44

Maskapai penerbangan Air Asia (Dok. GATRA/Karvarino/yus4)

Farnborough, Gatra.com- AirAsia X akan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan A330neo di Asia. Bahkan maskapai besutan Tony Fernandes itu telah memesan kembali 34 pesawat lorong ganda A330neo.

 

Dengan demikian akan ada 100 unit pesawat A330neo yang dipesan AirAsia X. Pengiriman pesawat pertama dijadwalkan pada kuartal IV 2019 mendatang.

Indonesia akan menjadi salah satu negara yang mencicipi operasi pesawat A330neo itu bersama Malaysia dan Thailand. "Merupakan sebuah keputusan dari evaluasi pesawat yang mungkin paling menyeluruh di industri penerbangan," ungkap AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Co-Group Chief Executive Officer Tan Sri Tony Fernandes dari rilisnya kepada Gatra.com, Kamis (19/7)

Menurur Tony, pihaknya telah melihat setiap sisi A330neo. Mulai dari kinerja teknis dan keandalan hingga kenyamanan penumpang. "Jelas inilah pesawat yang tepat untuk mendukung kami memperluas jaringan penerbangan jarak jauh secara efisien," ungkapnya.

AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun mengatakan, pemilihan A330neo dilakukan setelah melihat kesuksesan dari A320neo. Model pesawat ini menawarkan jangkauan yang memungkinkan penerbangan non-stop ke Eropa, termasuk rute Kuala Lumpur menuju London.

Armada ini juga mampu mendukung AirAsia X mengembangkan model bisnis penerbangan jarak jauh dengan harga operasional yang lebih rendah. Selain itu, A330neo akan memungkinkan para penumpang untuk terbang lebih jauh dengan tarif yang sangat kompetitif.

"Setelah bekerja bersama Airbus, kami mendapatkan sebuah pesawat yang kami yakin dapat memungkinkan kami menawarkan tarif berbiaya rendah AirAsia X ke luar wilayah Asia Pasifik lalu ke seluruh dunia," ungkap Kamarudin.

Pemesanan A330neo diumumkan saat di Farnborough Air Show di Inggris oleh AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun, Chairman of AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz, dan Airbus Chief Commercial Officer Eric Schulz.

Airbus Chief Commercial Officer, Eric Schulz mengatakan bahwa  kesepakatan penting dengan AirAsia X ini merupakan pengakuan terkuat atas kinerja, kehematan, serta ekonomi pengoperasian dari A330neo yang yang tidak terkalahkan di kelasnya.

Kami menanti saat-saat pesawat ini mulai terbang bersama AirAsia X dan mendukung maskapai tersebut memperluas jaringannya ke berbagai destinasi di seluruh dunia," ungkap Eric.

A330neo merupakan versi terbaru dari Keluarga A330 yang berlorong ganda. Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 700 generasi baru, sayap baru yang telah disempurnakan, dan penggunaan material komposit yang lebih banyak.

Semua pembaruan ini menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat hingga 25 persen jika dibandingkan dengan pesawat dari generasi sebelumnya yang memiliki ukuran kurang lebih sama.

Keluarga Pesawat A330 merupakan salah satu lini produk pesawat lorong ganda paling sukses, dengan lebih dari 1.700 pesanan dari 120 pelanggan. Lebih dari 1.400 pesawat A330 beroperasi dengan lebih dari 120 operator di seluruh dunia.

Hingga pengumuman ini, jumlah pesanan pesawat A330neo telah mencapai 250 pesanan bahkan sebelum mulai beroperasi bersama operator.


Saat ini pesawat A330neo hampir menyelesaikan rangkaian uji penerbangan dengan proses sertifikasi diperkirakan selesai dalam beberapa minggu mendatang. Kemudian, pesawat ini akan mulai terbang bersama maskapai di bulan September.

 


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
20-07-2018 00:44