Main Menu

Pesawat Sukhoi Suriah Dirontokkan Israel

Rosyid
25-07-2018 09:42

Jet tempur Sukhoi Su-24 lepas landas dari pangkalan udara Hmeymim dekat Latakia, Suriah (Reuters/afn)

Damaskus, Gatra.com - Israel menembak jatuh pesawat Suriah, Selasa (24/7) yang menyebabkan satu orang pilot tewas dan satu lainnya hilang. Proses pencarian pilot yang hilang sedang berlangsung.

Sistem pertahanan udara Israel menembak pesawat yang sedang menyerang posisi pemberontak di bagian selatan Suriah yang berbatasan dengan Israel, demikian dilaporkan Xinhua, Rabu (25/7) mengutip laporan Syrian Observatory for Human Rights yang barbasis di London.

Militer Israel mengatakan sistem pertahanan udaranya mencegat pesawat jet tempur Sukhoi Suriah yang masuk wilayah udaranya di dataran tinggi Golan. Duar rudal Patriot kemudian ditembakkan setelah pesawat itu masuk hingga 2 km wilayah Israel di bagian utara.

Kantor berita resmi Suriah, SANA membantah keterangan Israel dan mengatakan pesawat tempur itu terbang di wilayah udara Suriah ketika diserang. Pesawat itu dalam misi menghancurkan basis kelompok radikal yang bermarkas di dekat Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel.

Insiden itu terjadi dua hari setelah pesawat tempur Israel menargetkan posisi militer Suriah di kota Mesyaf di provinsi tengah Hama, dengan dalih menghabisi tentara Iran dan persenjataannya. Israel melakukan serentetan serangan yang dilakukan terhadap sejumlah posisi militer di wilayah Suriah

Televisi pro-pemerintah Al-Ekhbariah mengatakan bahwa tentara Suriah berhasil menguasai semua wilayah antara wilayah Daraa hingga Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel kecuali kantong seluas sekitar 50 km persegi yang dikendalikan ISIS.


Editor: Rosyid

Rosyid
25-07-2018 09:42