Main Menu

Korea Selatan Mulai Tarik Pasukan dari Perbatasan

Rosyid
25-07-2018 11:37

Tentara Korea Selatan (Reuters/yus4)

Seoul, Gatra.com - Kementerian Pertahanan Korea Selatan akan menarik pasukan dan persenjataan dari pos penjagaan di zona demiliterisasi sesuai kesepakatan yang dicapai para pemimpin kedua Korea pada 27 April.

Rencan itu tertuang dalam laporan kepada Komite Pertahanan Majelis Nasional pada hari Selasa. Kementrian mengatakan,"Kedua Korea setuju untuk mendemilitarisasi Joint Security Area dan mengubahnya menjadi zona damai. Sebagai langkah pertama, kami akan menarik beberapa pasukan dan peralatan keluar dari pos penjagaan secara percobaan sebelum menarik semuanya".

Menurut laporan Chosun Ilbo, Rabu (25/7) Kementrian Pertahanan tidak menjelaskan secara detail kondisi maupun kerangka waktu penarikan. Kementrian Pertahanan akan membuat proposal dalam pembicaraan militer lintas batas.

Sementara itu foto-foto satelit menunjukkan Korea Utara mulai membongkar tempat uji coba rudal di Tongchang-ri, Propinsi Pyong Utara seperti dilaporkan situs 38 North di John Hopkins University.

Wahana pembawa roket yang bergerak diatas rel mulai dibongkar. Dan kain berwarna yang menutupi tempat uji cobar mesin rudal juga dilepas.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjanji pada Presiden AS Donald Trump untuk membongkar tempat ujicoba nuklir.


Editor: Rosyid

Rosyid
25-07-2018 11:37