Main Menu

Enam Wanita Tuduh Bos CBS Lakukan Pelecehan Seksual

Putri Kartika Utami
29-07-2018 11:45

Ilustrasi - Pelecehan, (Sh)utterstock/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Skandal pelecehan seksual menimpa perusahaan jaringan televisi CBS, Jumat (27/7) malam lalu. CEO CBS, Les Moonves mendapat tuduhan serius melakukan pelecehan seksual kepada enam perempuan di masa lalu.

Kasus ini berawal dari laporan The New Yorker, Jumat malam lalu. Penulisnya adalah Ronan Farrow yang sebelumnya mengungkap tuduhan pelecehan seksual oleh produser Harvey Weinstein. Ronan menulis enam wanita yang memiliki hubungan profesional dengan Moonves mengalami pelecehan seksual. Kasusnya terjadi sekitar tahun 1980-2000.

Empat wanita mengaku dipaksa menyentuh dan berciuman selama pertemuan bisnis. Dua lainnya menceritakan Moonves melakukan intimidasi secara fisik dan mengancam akan menjegal karir mereka. Aktris Illeana Douglas dan penulis Janet Jones dan produser Christine Peters merupakan dua dari enam korban yang diwawancarai Farrow.

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, Farrow mengatakan semua narasumber perempuan itu harus mengatasi rasa takut akan pembalasan setelah mereka bersuara tentang perbuataan tak senonoh Moonves.

Moonves sempat mengaku beberapa dekade lalu ia mungkin melakukan kesalahan yang membuat beberapa rekan kerja perempuan tidak nyaman. Namun, ia menyangkal tuduhan menyalahgunakan wewenangnya untuk menjegal karir orang lain.

“Itu adalah kesalahan, dan saya sangat menyesalinya,” kata Pejabat Eksekutif tertinggi CBS itu seperti dilansir dari laman france24.

Pihak CBS mengatakan tengah melakukan penyelidikan internal terkait kesalahan personal di perusahaannya. Mereka tidak secara gamblang menyebut nama Les Moonves, hanya mengatakan investigasi merespon berita The New Yorker.

Tuduhan ini juga berdampak pada saham perusahaan. Nilai saham CBS merosot 6% sejak berita pelecehan dirilis. Ini menjadi kemerosotan terburuk dalam 7 tahun terakhir dan memicu kekhawatiran para pemegang saham akan mempertimbangkan untuk mencopot Moonves.

Moonves memimpin CBS selama dua dekade. menjadi figur penting di balik kesuksesan CBS. Dia berhasil melambungkan rating CBS yang sempat terperosok di rangking paling bawah dalam industri televisi AS lewat beberapa program hits seperti tayangan NCIS dan The Big Bang Theory.

Mantan Presiden Warner Bros ini juga tercatat sebagai CEO perusahaan publik dengan gaji tertinggi kedua pada 2017 versi The Associated Press dan Equilar, sebuah perusahaan data eksekutif. Moonves menghasilkan 68.4 juta US dollar tahun lalu.


Reporter: Putri Kartika Utami
Editor: Iwan Sutiawan

Putri Kartika Utami
29-07-2018 11:45