Main Menu

Wow... Biaya Keamanan CEO Facebook Bikin Kaget

Rosyid
03-08-2018 10:44

CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg saat dikawal oleh penjaga keamanan (Reuters/Eduardo Munoz/afn)

Jakarta, Gatra.com - Biaya keamanan para petinggi perusahaan multinasional bisa sangat besar. Namun untuk orang nomer satu di Facebook, biaya keamanan yang dikeluarkan setiap tahun  membuat mata terbelakak.

Facebook Inc. menghabiskan USD 7,33 juta (Rp 106 juta) tahun lalu untuk keamanan Mark Zuckerberg. Pekan lalu, raksasa media sosial itu mengumumkan rencananya menambah biaya keamanan tahun ini hingga USD 10 juta (Rp 144 miliar).

Biaya ini jauh lebih besar dibandingkan perusahaan lain dan mungkin melampaui rata-rata kompensasi tahunan untuk CEO S & P 500, demikian dilaporkan Bloomberg, Kamis (2/8).

"Keamanan di beberapa tempat tinggal, transportasi, tim perlindungan, cyber, perjalanan - jika Anda juga memiliki istri dan beberapa anak, Anda sudah lebih dari $ 10 juta hanya untuk paket dasar," kata Roderick Jones, ketua konsultan risiko Penasihat Konsentris.

Tapi tidak semua perusahaan raksasa membutuhkan keamanan. Seorang eksekutif yang menghindari pusat perhatian, menghindari wawancara media dan menyumbang untuk amal secara anonim dapat lebih mudah berbaur dengan publik.

Tapi bagi Zuckerberg tidak mudah. Dia adalah pendiri dan pemimpin salah satu perusahaan paling berharga di dunia, secara teratur berbagi foto dan video dirinya bermain dengan dua putrinya, bertemu dengan para pemimpin dunia. Dan dia bernilai USD 68.6 milyar. Biaya untuknya tepat dan perlu, mengingat “posisi dan kepentingan” Zuckerberg kepada perusahaan. Dan dia tidak menerima kompensasi lain di luar gaji $ 1, demikian dalih perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California dalam laporan triwulanan.

Pengeluaran Keamanan sebuah perusahaan bervariasi. Seperti jet pribadi untuk perjalanan pribadi. Dengan jet pribadi, selain untuk memastikan keamanan juga memberi fleksibilitas lebih cepat. Biaya juga untuk mobil dan sopir. Ada juga untuk keamanan rumah. Sebagian, tidak semua juga membayar pengawal tersamar.

Selain Mark, Facebook juga mengeluarkan duit untuk keamanan Sheryl Sandberg, COO perusahaan sebanyak USD 2,7 juta. Warren Buffet, salah satu orang terkaya didunia mengeluarkan duit untuk pengawalan pribadinya sebesar USD 375 ribu. Jeff Bezos, orang terkaya didunia saat ini, mengeluarkan biaya USD 1,6 juta. Darren Woods, CEO perusahaan minyak raksasa Exxon Mobil dianggarkan USD 107,763 untuk keamanan rumah, sopir, mobil dan perangkat komunikasi.


Editor: Rosyid

Rosyid
03-08-2018 10:44