Main Menu

Ribuan Mahasiswa Saudi Dipaksa Pulang

Rosyid
13-08-2018 15:33

Ilustrasi - Perseteruan Arab Saudi vs Kanada. (Shutterstock/FT02)

Riyadh, Gatra.com - Ribuan mahasiswa Saudi Arabia di Canada diperintahkan pulang oleh pemerintah mereka. Para mahasiswa yang merasa masa depan akademiknya terancam meminta kepada pemerintah untuk tidak melibatkan mereka dalam sengketa politik kedua negara seperti terungkap dalam rilis yang diterima Al Jazeera.

Para mahasiswa Saudi yang belajar di Canada menjadi korban dari perseteruan kedua negara paska munculnya kritik Pemerintah Canada terhadap penahanan aktifis HAM di negara kerajaan itu.

Kemarahan negara kaya di Timur Tengah itu diungkapkan lewat pengusiran duta besar Canada dari Saudi. Juga penangguhan pernjanjian perdagangan dan investasi baru kedua negara.

Menurut laman CBC, sedikitnya 8.300 orang mahasiswa Saudi di Canada diperintahkan pulang ditengah-tengah masa perkuliahan mereka.

Perkumpulan mahasiswa Canada membantu mereka untuk menghadapi situasi tidak menentu terkait masa depan akademik mereka. Sebagian adalah dokter yang mengambil spesialiasi dan sedang menjalani masa kerja praktek disejumlah rumah sakit di Canada.

Sementara itu, dampak perintah itu mulai dirasakan. Para mahasiswa mulai menjual barang-barang milik mereka dengan harga miring. Sejumlah rumah sakit menyiapkan masa transisi agar tidak ada dampak terhadap pasien.

Pulangnya ribuan mahasiswa Saudi di Canada akan memiliki dampak keuangan pada perguruan tinggi karena biaya kuliah yang mereka bayar sebagai mahasiswa internasional jauh lebih tinggi daripada yang dibayar siswa Canada.


Editor: Rosyid

Rosyid
13-08-2018 15:33