Main Menu

Christine Hallquist Gubernur Transgender Pertama di Amerika Serikat

Birny Birdieni
15-08-2018 10:51

 Christine Hallquist (REUTERS/Caleb Kenna/yus4)

 

Burlington, Vermont, Gatra.com- Seorang transgender Demokrat Vermont, Christine Hallquist menjadi orang pertama dalam sejarah Amerika Serikat menang dalam pemilihan Gubernur Vermont, Selasa (14/8) waktu setempat. Ia berhasil mengalahkan tiga Demokrat lainnya dan menggantikan Gubernur Phil Scott dari Partai Republik pada 6 November mendatang.

 

Presiden dan CEO LGBTQ, Victory Find menilai kemenangan ini sebagai bagian dari gerakan kesetaraan gender bagi kandidat lesbian, gay, biseksual, dan transgender. "Ini momen menentukan dalam gerakan kesetaraan gender," katanya dikutip dari Reuters, Rabu (15/8).

Ketidakpastian kemungkinan transgender menang dalam kontes pemilihan meluas saat era kepemimpinan Demokrat dibawah Presiden Barack Obama. Namun ini berubah ketika pemerintahan Presiden Donald Trump.

Seiring dengan kepemimpinan Trump itu, kandidat transgender sebenarnya berharap bisa membangun terobosan pada 2017 lalu. Yakni dengan setidaknya ada 10 kemenangan, mulai dari tingkat legislator negara bagian.

Menurut Rekan Peneliti di Harvard TH Chan School of Publicly Health, Logan Casey, tahun ini setidaknya ada 43 kandidat transgender mencalonkan diri di semua jabatan politik "Negera Paman Sam" itu. Para kandidat tersebut sebagian besar merupakan Demokrat. Namun mereka mencalonkan dari Partai Hijau atau untuk kantor non partisan.

Logan menyebut bahwa sebelum Pemilihan Gubernur di Vermont hanya ada empat kandidat transgender yang menang di pemilihan pendahuluan. Mereka semuanya di tingkat negara bagian dan harus melakukan pemilihan umum berikutnya.

Dalam penelitian Logan disebutkan sudah ada tujuh belas orang yang kalah dalam pemilihan umum. Lalu masih ada 21 kandidat lainnya yang belum menghadapi pemilihan umum.

Lalu siapa Christine Hallquist ?

Christine Hallquist awalnya bernama David Hallquist. Mantan CEO dari Electrical Cooperative Vermont itu beralih identitas menjadi perempuan saat masih menjabat posisi itu pada 2015 lalu.

Hallquist tetap mempertahankan nama yang diberikan saat lahirnya dengan menjadikan sebagai nama tengah. Perubahan gender dia didokumentasikan dalam film yang dibuat oleh putranya Derek Hallquist yang berjudul "Denial".

Awalnya, film dokumenter yang akan dibuat Derek ini akan bercerita tentang upaya Perusahaan Electrical Cooperative Vermont dalam melawan perubahan iklim. Namun akhirnya berubah menjadi kisah pribadi Hallquist yang berubah identitas menjadi transgender.

Vermont menjadi provinsi pertama yang konsern dengan isu-isu terkait gender. Tahun 2000 wilayah ini mengizinkan warga sipil untuk menikah dengan sesama jenis. Kemudian tahun 2009 melegalkan pernikahan gay melalui Badan Legislatif negara bagian.


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
15-08-2018 10:51