Main Menu

Sejak Mei, Dana Iklan Make America Great Again Trump di Google Capai US$29.000

Birny Birdieni
16-08-2018 07:06

Ilustrasi. (REUTERS/Carlos Barria/FT02)

California, Gatra com- Perusahaan raksasa Google baru saja melaporkan laporan transparansi Semester I 2018 mengenai biaya iklan politik dan siapa yang membeli iklan terbanyak tersebut pada Rabu (15/8) waktu setempat.

 

Data dari Alphabet Inc's (GOOGL.O) yang dilansir Reuters, Kamis (16/8) menyebut Google menyampaikan secara terbuka data siapa saja yang mengeluarkan biaya iklan politiknya lebih dari US$500 sejak 31 Mei 2018 lalu.

Langkah yang dilakukan korporasi mesin pencari web tersebut mengikuti jejak sama yang dilakukan oleh perusahaan jejaring sosial Twitter dan Facebook pada Juni lalu.

Laporan transparansi itu dilakukan karena media platform menghadapi ancaman aturan Amerika Serikat tentang kewajiban menyampaikan keterbukaan mengenai biaya pengeluaran politik.

Google mengatakan bahwa biaya iklan politik Presiden Donald Trump lewat Komite Trump Make America Great Again, organisasi pengumpulan  dana untuk Trump dan Wakil Presiden Mike Pence menjadi yang terbesar.

Data Google menyebut dana yang digunakan adalah mencapai US$29.500. Pihak Google mengaku akan memperbaharui data iklan tersebut setiap pekan.

Adapun laporan mengenai keterbukaan pengeluaran biaya iklan politik akan diberikan sebanyak dua kali dalam setahun. Sedangkan publik bisa mengakses dan melihat iklan politik baru apa saja yang muncul.


Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
16-08-2018 07:06