Main Menu

Peringati Kemerdekaan, KBRI Belanda Beri Layanan Paspor Gratis

Cavin Rubenstein M.
18-08-2018 11:11

Pemberian Paspor Gratis oleh KBRI di Den Haag. (Dok. KBRI Den Haag/re1)

Den Haag, Gatra.com - Ada beragam cara memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan khusus, yakni membebaskan biaya pengurusan paspor bagi Warga Negara Indonesia yang lahir di tanggal 17 Agustus.

 

Perlakuan spesial itu diberikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda. Berdasarkan data yang diterima redaksi GATRA, sudah ada 3 WNI yang mendaftar untuk mendapat layanan tersebut.

Salah satunya adalah Jufri, WNI yang sudah 10 tahun tinggal di negeri Kincir Angin itu. “Saya diberi tahu teman, agar segera menghubungi KBRI, supaya bisa mendapatkan layanan gratis, karena memang dia tau kalo saya lahir tanggal 17 Agustus," kata Jufri.

Akibat penggratisan biaya itu, Jufri mengaku bisa menghemat uang 30 Euro atau setara Rp150 ribu. "Lumayan bisa untuk tambahan uang lebaran orang tua di kampung," kata Pria kelahiran Lampung itu.

WNI lainnya yang turut menikmati pelayanan paspor gratis itu adalah Jesty Agustiwardani, yang tinggal di kota Almere. "Saya dapat info dari kawan. Lalu saya kirim email ke KBRI. Dalam hitungan menit saya sudah dihubungi pihak Imigrasi. Surprise juga bisa secepat itu dan gratis," kata Jesty.

Menurut atase imigrasi KBRI Den Haag, Johanes Fanny Satria Cahya Aprianto, pemberian paspor bagi ketiga WNI ini diserahkan langsung Duta Besar I Gusti Agung Wesaka Puja pada saat upacara 17 Agustus 2018 di Wassenaar.

Fanny menjelaskan, meski ketiga WNI ini tidak dikenakan biaya pembuatan paspor, namun penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tetap masuk ke kas negara. “Sumber dananya, ya dari kami, para staff KBRI. Kami patungan," beber Fanny sambil tertawa.

Pemberian paspor gratis ini juga menjadi salah satu bukti bahwa kami tetap berupaya untuk selalu meningkatkan pelayanan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.


Reporter : Yuke Mayaratih
Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
18-08-2018 11:11