Main Menu

Indonesia Protes Rencana Kontes Kartun Nabi Muhammad di Belanda

Birny Birdieni
30-08-2018 23:11

Politikus sayap kanan Belanda, Geert Wilders.  (REUTERS/Francois Walschaerts/RT)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com- Politikus sayap kanan Belanda, Geert Wilders berencana akan melakukan kontes kartun dengan tema Nabi Muhammad SAW di Televisi Belanda. Awalnya, pemimpin Partai untuk Kebebasan yang Anti Islam ini ingin mengadakannya di Parlemen, namun hal tersebut ditolak.

 

Pemerintah Indonesia pun mengecam terhadap rencana aksi anggota parlemen tersebut Belanda sejak tahun 1998 tersebut. Hal itu disampaikan oleh Luar Negeri RI Retno LP Marsudi kepada pemerintah Belanda yang sudah menyampaikan hal itu kepada Menlu Belanda, Stephanus Abraham Blok.

Dalam keterangan persnya, Kamis (30/8), Retno menyampaikan keprihatinan mendalam dan mengecam rencana pelaksanaan kontes kartun bertema Nabi Muhammad tersebut. Ia menilainya sebagai tindakan provokatif dan tidak bertanggungjawab.

Pemerintah Indonesia memandang bahwa kegiatan tersebut dapat membahayakan upaya bersama dalam menciptakan perdamaian, stabilitas dan toleransi antaragama dan peradaban. “Selanjutnya, pemerintah Indonesia menekankan bahwa kebebasan berekspresi adalah suatu yang harus dihormati akan tetapi tidak tanpa batas,” ia menegaskan.

Protes juga bukan dari Indonesia saja. Hal serupa juga terjadi di Pakistan. Dilansir dari DW.com disebutkan bahwa ada sebanyak 10 ribu demonstran memprotes akan rencana yang dilakukan Geert Wilders tersebut.

Mereka turun ke lapangan sambil membawa spanduk bertuliskan “Protes Damai Melawan Rencana Kontes Kartun Nabi Muhammad SAW di Belanda”.

Bagi umat islam adalah hal yang dilarang dalam menggambarkan sosok Nabi Muhammad SAW dalam visual. Para protestan juga meneriakan bahwa mereka berani mati untuk melindungi kehormatan dri Rasullah SAW.  


Birny Birdieni

Birny Birdieni
30-08-2018 23:11