Main Menu

Baca Masa Depan Perang Dagang AS-Cina, Investor dan Pengusaha Tionghoa Datangi Peramal

Birny Birdieni
31-08-2018 14:18

Ilustrasi. (shutterstock_1064281031/RT)

Artikel Terkait

Shanghai, Gatra.com- Berbagai cara dilakukan untuk memprediksi seperti apa masa depan dari perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Cina. Salah satu cara unik yang dilakukan oleh orang Tionghoa adalah membacanya lewat peramal nasib.

 

Di kota barat Xi’an, seorang peramal Xie Xianglin menyebut sudah banyak orang yang mendekatinya untuk membaca tentang masa depan dari perang dagang AS dan Cina. Sebagian besar mereka adalah pengusaha dan investor.

Dengan biaya 500 yuan atau sama dengan US$73, Xie akan menganalisis dengan roh-roh yang relevan. “Tujuh orang bertanya tentang investasi dan juga mengenai trem emigrasi,” katanya seperti dilansir dari Reuters, Jumat (31/8).

Nah amunisi untuk meramal masa depan itu, biasanya akan dipersenjatai dengan foto-foto Trump dan tanggal lahirnya. Caranya adalah dengan melihat tanggal lahir Presiden Cina, Xi Jinping dan tanggal lahir Donald Trump. “Beginilah cara kami menganalisa situasi,” ujar seorang guru Feng Shui terkenal di Hongkong, Victor Ng.

Pembahasan memanas mengenai perang dagang AS dan Cina bahkan terjadi di Taman Fuxing rindang di Shanghai selama tiga pekan terakhir Juli lalu. Perdebatan muncul antara pensiunan yang membahas korban dan penjahat perang dagang itu.

Nah taman itu memang tempat pertemuan tidak resmi bagi para pensiunan. Kini beberapa diantara mereka bahkan datang membawa foto Trump dengan data kelahirannya untuk meminta dibacakan tentang peruntungan akan masa depan.

Bagi orang Tionghoa, termasuk para pemimpin negara, mereka memang memiliki tradisi panjang dalam menempatkan keyakinan mereka dalam meramal dan mencari jawaban di saat-saat keraguan, kebutuhan, dan kekacauan.

Namun bagi anggota Partai Komunis yang berkuasa, bagaimanapun, secara resmi dilarang berpartisipasi dalam urusan ramal-mramal. pemerintah melarang mereka melakukan praktik-praktik takhayul, termasuk mengunjungi tukang-tukang ramal.


Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
31-08-2018 14:18