Main Menu

BMW Bikin Peluncuran Mobil Yang Sangat Tidak Biasa

Rosyid
03-09-2018 09:14

BMW iNEXT.(Dok. BMWblog/re1)

Munchen, Gatra.com - Peluncuran mobil konsep terbaru BMW iNEXT sangat tidak biasa. Perusahaan otomotif yang berpusat di Munchen, Jerman ini akan memperkenalkan crossover bertenaga listrik ini di kota-kota utama dunia dalam hitungan hari. Untuk itu, produsen mobil mewah terbesar dunia ini bekerjasama dengan maskapai penerbangan Lufthansa Cargo.

 

 

Dalam waktu sepekan, 9-14 September, BMW secara marathon akan memperkenalkan mobil ini ke seluruh dunia. Dalam waktu lima hari mereka bergerak mulai dari Munich di Eropa, lalu melintasi Samudra Atlantik menuju New York. Dilanjutkan menyebrangi benua Amerika ke San Fransisko. lalu menyebrangi samudra Pasifik ke Beijing dan kemudian kembali ke Frankfurt.

Untuk menempuh perjalanan ribuan km itu, BMW Vision iNEXT diangkut pesawat cargo Boeing 777 Freighter. Pesawat ini juga berfungsi sebagai panggung peluncuran yang akan menjamu puluhan jurnalis di tiap kota.

Cara ini tidak lazim. Biasanya mereka mengundang jurnalis dari seluruh dunia untuk berkumpul disatu tempat peluncuran mobil. "Kami mengubahnya 180 derajad, semua wakil media bisa tetap tinggal dirumah dan kami yang membawa mobil baru kepada mereka," kata Ingo Wirth, project lead for BMW's Vision iNEXT World Flight, kepada laman Automotive News, Minggu (2/8).

iNEXT yang akan diproduksi di Jerman mulai 2021 diharapkan menjadi mobil BMW pertama yang yang memiliki teknologi swakemudi yang dikembangkan bersama-sama oleh konsorium perusahaan teknologi tinggi seperti Mobileye, Intel, Continental dan Magna.

Saat diluncurkan, mobil ini sudah menggunakan teknologi swakemudi level 3, artinya mobil sudah bisa beroperasi swakemudi namun masih dalam supervisi pengemudi dan bersiaga untuk ambil alih kendali mobil dalam kondisi tertentu. Dan pada akhirnya akan dilengkapi dengan teknologi swakemudi Level 4 dimana mobil beroperasi sepenuhnya secara mandiri. Internvensi manusia hanya pada kondisi tertentu saja.

CEO BMW Harald Kruger memuji mobil ini karena memberikan keamanan dan swakemudi. "Ini sistem modular masa depan," kata Kruger. "Jika terdengar seperti Lego, kira-kira idenya seperti itu," tambahnya.

Dalam skala yang berbeda, GM Indonesia pernah melakukan aksi peluncuran mobil yang fenomanal. Pada Juli 2007, GM Indonesia meluncurkan Chevrolet Captiva dengan cara diterbangkan dengan Helikopter Puma dikawasan Tanjung Lesung, Banten.


Rosyid

Rosyid
03-09-2018 09:14