Main Menu

CEO JD.com, Sempat Ditangkap Polisi atas Kecurigaan Melakukan Tindak Pidana Seksual

Aries Kelana
03-09-2018 09:26

Richard Liu.(REUTERS/Bobby Yip/re1)

Minnesota, Gatra.com --Chief executive officer (CEO) dan milyarder pendiri situs belanja JD.com, Richard Liu, ditangkap di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Warga Cina ini dicurigai telah melakukan kejahatan seksual. Ia ditangkap Jumat malam. Namun keesokan harinya pada pukul 4 sore, dibebaskan karena kesalahan tuduhan. Itu menurut situs web Kantor Sheriff Hennepin County.

 

Jurubicara Departemen Kepolisian Minneapolis John Elder mengatakan bahwa penyelidikan sedang berlangsung dan menolak untuk memberikan rincian penangkapan.

JD.com, yang sebagian sahamnya dimiliki Walmart Inc , Google Alphabet Inc, dan Tencent Holdings Ltd milik Cina, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (2/9) bahwa Liu, yang nama Cinanya adalah Liu Qiangdong, difitnah.

"Selama perjalanan bisnis ke Amerika Serikat, Liu ditanyai oleh polisi di Minnesota sehubungan dengan tuduhan yang tidak dibuktikan kebenarannya," kata perusahaan itu seperti dikutip reuters.com (2/9).

"Polisi setempat dengan cepat memutuskan tidak ada substansi untuk klaim terhadap Liu, dan ia kemudian dapat melanjutkan kegiatan bisnisnya seperti yang direncanakan semula," katanya.

Perusahaan tidak segera memberikan rincian lebih lanjut, dan Liu tidak dapat dimintai komentarnya.

JD.com adalah salah satu perusahaan teknologi financial terkemuka di Cina, yang merupakan saingan berat Alibaba Group Holding Ltd milik Jack Ma. Liu, 45, terkenal di Cina dan memiliki kekayaan bersih US$7,9 miliar atau sekitar Rp 115,4 trilyun.


Editor: Aries Kelana

 

 

 

Aries Kelana
03-09-2018 09:26