Main Menu

Lufthansa-BMW: Terbang Tiga Benua, Empat Kota, Lima Hari

Rosyid
03-09-2018 09:55

Maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa.(Reuters/re1)

Muenchen, Gatra.com - Peluncuran mobil BMW Visiona iNEXT yang luarbiasa, tidak akan terwujud tanpa kerjasama penuh dari maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa.

 

BMW memperkenalkan iNEXT di kota-kota besar dunia dalam lima hari. Dalam waktu sepekan, 9-14 September, BMW secara marathon akan memperkenalkan mobil ini ke seluruh dunia. Dalam waktu lima hari mereka bergerak mulai dari Munich, lalu melintasi Samudra Atlantik menuju New York. Dilanjutkan menyebrangi benua Amerika ke San Fransisko. lalu menyebrangi samudra Pasifik ke Beijing dan kemudian kembali ke Frankfurt.

Untuk menempuh perjalanan ribuan km itu, BMW Vision iNEXT diangkut pesawat cargo Boeing 777 Freighter. Pesawat ini juga berfungsi sebagai panggung peluncuran yang akan menjamu puluhan jurnalis di tiap kota.

Diskusi dengan Lufthansa dimulai sejak setahun lalu. Karena yang akan bergerak melintasi tiga benua bukan hanya mobil, tapi venue peluncuran itu sendiri. Ini misi yang penuh tantangan untuk logistik, operasional dan keamanan.

Mengubah pesawat cargo menjadi ruang presentasi bergerak memerlukan sejumlah penyesuaian. Seperti memasang kabel tambahan yang total panjangnya 7,2 km, memasanng 78.000 lampu LED, 165 video LED Modul dan 10 proyektor 13.000 ANSI Lumen . Plus panggung yang beratnya mencapai 30 ton.

Lebih dari 120 orang spesialis kontruksi dan stan pameran plus ahli dari Lufthansa dilibatkan dalam proyek ini. Mereka harus memastikan panggung bisa dibangun sekaligus diterbangkan.

Semua peralatan untuk prosesi peluncuran harus dipasang secara presisi ditiap kota dan langsung dibongkar untuk terbang ke kota selanjutnya. Lampu-lampu harus dipastikan aman dan bertahan dari goncangan berkali-kali saat lepas landas dan mendarat. Setiap bagian sistem pencahayaan harus dilindungi terhadap goncangan dan getaran.

Proses peripindahan dari mode presentasi ke mode terbang menjadi tantangan lain. "Kami perlu waktu delapan jam untuk mengubah lambung pesawat kargo ini menjadi panggung peluncurann mobil. Lalu empat jam lagi untuk membongkar kembali dan siap terbang," urai  Ingo Wirth, project lead for BMW's Vision iNEXT World Flight, kepada Automotive News, Minggu (2/9).

Menggelar acara peluncuran didalam bandara juga tantangan besar. Panitia harus bisa memenuhi persyaratan keamanan yang rumit dan beragam.

"Tidak mudah untuk mendapatkan ijin memasukkan 100-120 oranrg ke dalam bandara," terang Wirth. Mereka perlu diperiksa pihak keamanan. Kami sudah menyiapkan konsep agar proses itu tidak berjam-jam," tambahnya.

CEO Lufthansa, Peter Gerber berkata," Produk visioner pantas mendapatkan presentasi visioner pula. Kami senang bisa membuat peluncuran perdana yang luarbiasa terwujud dengan kerjasama BMW."


Rosyid

Rosyid
03-09-2018 09:55