Main Menu

Penjualan Merosot, Suzuki Motor Jual Sahamnya di Cina

Aries Kelana
04-09-2018 23:05

 Suzuki Motor Corp. ( REUTERS/Toru Hanai/RT)

Tokyo, Gatra.com -- Perusahaan otomotif Jepang, Suzuki Motor Corp mengatakan akan mengalihkan 49% sahamnya di dalam perusahaan patungan pengojek Cina , yaitu JV. Saham itu dikabarkan dijual ke Chongquing Changan Automobile Co. Ini dilakukan karena penjualan di negeri Tirai Bambu lamban di tahun ini.

Dengan penurunan saham ini, berarti posisi Suzuki sebagai produsen mobil terbesar di dunia, akan tergeser.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa ini, Suzuki mengatakan bahwa pihaknya akan mentransfer ekuitasnya di Changan Suzuki, yang dibentuk pada 1993, ke Changan Automobile. Sehingga JV akan beralih menjadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh perusahaan China.

"Karena sebagian untuk mengalihkan (dari) pasar Cina ke kendaraan yang lebih besar, kami telah memutuskan untuk mentransfer semua ekuitas ke Changan Automobile," kata Chairman Suzuki Osamu Suzuki dalam pernyataannya yang dikutip situs reuters.com (4/9).

Meski terjadi pengalihan saham, penjualan Suzuki Vitara, kendaraan roda empat sejenis SUV, tetapi dilakukan Suzuki.

Hingga Maret lalu, Suzuki telah menjual 105.000 kendaraan di Cina. Angka ini turun 29% dibandingkan tahun lalu. Dan jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2013, ini berarti telah terjadi penurunan secara signifikan sebesar 252.000 kendaraan.

Meski penjualan telah berkurang di Cina, Suzuki terus mendominasi pasar kendaraan di India sebagai pasar terbesarnya di dunia.


Aries Kelana

Aries Kelana
04-09-2018 23:05