Main Menu

Amerika Serikat dan Korea Selatan akan Bahas Korea Utara di Sidang PBB

Hidayat Adhiningrat P.
05-09-2018 15:22

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. (REUTERS/Kim Hong-Ji/RT)

Seoul, Gatra.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana membahas tentang Korea Utara (Korut) di sela-sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York bulan ini.

 

Hal tersebut dikatakan oleh kantor kepresidenan Korsel dan AS, Rabu (5/9). Pembahasan itu akan dilangsungkan di tengah kemajuan yang lambat menyangkut nuklir Korut.

Dikutip dari Reuters, Moon dan Trump pada Selasa (4/9) berbicara selama 50 menit melalui telepon, satu hari sebelum utusan-utusan khusus Moon dijadwalkan mengunjungi Pyongyang. Rombongan utusan presiden Korsel itu akan membahas pertemuan puncak antara pemimpin Korsel itu dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un bulan ini.

Pertemuan puncak antar-Korea tersebut akan dilakukan setelah Trump membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bulan lalu. Rencana lawatan Pompeo dibatalkan setelah Menlu AS menerima surat bernada panas dari seorang pejabat tinggi Korea Utara.

Dalam pembicaraan mereka di telepon, Moon dan Trump sepakat "untuk menjelajahi ide pertemuan tatap muka di sela-sela (rangkaian sidang, red) Majelis Umum PBB dan melakukan pembahasan mendalam soal strategi dan cara untuk bekerja sama terkait masalah di semenanjung (Koreaa, red)," kata kantor kepresidenan Moon dalam pernyataannya.

Di Washington, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan dalam pernyataan bahwa Moon telah memberi tahu Trump soal rencananya mengirim seorang utusan khusus ke Pyongyang pada Rabu untuk bertemu dengan Kim.

Dalam pertemuan bersejarahnya dengan Trump pada Juni di Singapura, Kim berjanji akan menjalankan proses menuju penghapusan senjata nuklir di Semenanjung Korea. Namun, kedua pihak belum membuat kemajuan banyak menuju target itu.

Sebelumnya pada Selasa, Chung Eui-yong, kepala kantor keamanan nasional pada kantor kepresidenan Korea Selatan, Gedung Biru, mengatakan ia akan menyampaikan surat dari Moon kepada Kim ketika ia menjalankan kunjungan di Korea Utara. Ia tidak memberikan keterangan lebih lanjut soal isi surat.

Chung mengatakan ia ingin membahas bersama para pejabat Pyongyang cara-cara untuk mencapai target penghapusan senjata nuklir secara penuh di Semenanjung Korea. Seoul akan terus mendorong terciptanya deklarasi bersama tahun ini dengan Amerika Serikat untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953, kata Chung kepada para wartawan.


Hidayat Adhiningrat P

Hidayat Adhiningrat P.
05-09-2018 15:22