Main Menu

Polisi Temukan Kuburan Massal Korban Kartel Narkoba

Rosyid
07-09-2018 10:48

Otoritas Meksiko menemukan kuburan massal wilayah Veracruz (RUTERS/FT02)

Meksiko City, Gatra.com - Penyelidik Meksiko menemukan 166 kerangka di kuburan massal tersembunyi di negara bagian Veracruz. Inilah salah satu kuburan massal terbesar yang pernah ditemukan di Meksiko.

 

Jaksa penuntut umum Veracruz Jorge Winckler mengatakan, atas pertimbangan keamanan, lokasi kuburan massal itu belum diungkapkan. Kartel-kartel narkoba Meksiko sering kali menggunakan kuburan massal terpencil untuk membuat jasad korban-korbannya.

Winckler mengatakan, kerangka itu sudah berumur dua tahun. Dia tidak mengesampingkan penemuan jenazah lain. Pihak keamanan, katanya, menemuka 114 kartu identitas dai lapangan itu, yang mencakup 32 titik penguburan.

Pakain, barang-barang pribadi dan bagian-bagian kerangka disatukan. Namun penyelidikan sekarang masih fokus untuk mengetahui berapa jumlah tengkorak, untuk memastikan berapa orang yang dikuburkan disitu.

Veracruz pernah jadi medan tempur brutal dua kartel narboba, Zeta dan Jalisco. Disana juga sering terjadi penculikan dan pembunuhan.

Menurut Winckler, pihak keamanan menumukan tempat itu setelah seorang saksi melaporkan, ratusan mayat dikburu disitu. Penyelidik menggunakan drone dan radar untuk mencari dan mulai menggali sejak bulan lalu.

Ini bukan yang pertama polisi mendapat informasi dari masyarakat lokasi kuburan massal. Tahun 2016dan 2017 para penyelidik di Veracruz menemukan 253 tengkorak di sebuah tempat dipinggiran ibukota negara bagian itu setelah mendapat peta tulisan tangan yang menggambarkan lokasi makam secara detail.

Tahun 2011, polisi menemukan 236 jenazah di negara bagian Durango.


Rosyid

Rosyid
07-09-2018 10:48