Main Menu

Setelah Tiga Tahun, Kasus MERS Kembali Terjadi di Korsel

Birny Birdieni
08-09-2018 21:26

Middle East Respiratory Syndrome

Seoul, Gatra.com- Setelah tiga tahun, sebuah kasus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) kembali terjadi di Korea Selatan, Sabtu (8/9). Seorang pria berusia 61 tahun yang didiagnosis dengan penyakit mematikan ini kini sedang dalam pengobatan di Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC).

 

Laporan KCDC menyebut kalau pasien tersebut baru saja bertolak dari Kuwait kembali ke Seoul setelah menjalani perjalanan bisnis sejak 16 Agustus hingga 6 September lalu.

Direktur KCDC, Jeong Eun Kyeong mengatakan bahwa pasien awalnya menderita diare dan dibawa ke Samsung Medical Center dari bandara. Sejauh ini temuan yang ada sudah ada 20 orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien.

"Mereka yang melakukan kontak langsung termasuk pramugari dan staf kesehatan kini dibawah isolasi di rumah," kata Jeong dikutip dari Reuters, Sabtu (8/9).

Menurut Jeong, semua penerbangan dari Timur Tengah telah dimasukkan ke karantina. "KCDC dan pemerintah lokal akan melakukan yang terbaik untuk pencegahan MERS," ungkapnya.

Kasus MERS kali ini menjadi yang pertama di Korea Selatan sejak Juli 2015 lalu. Ketika itu ada 38 korban jiwa. Penyakit ini dibawa oleh unta dan sebagian besar menular dari interaksi manusia ke manusia.


Birny Birdieni

Birny Birdieni
08-09-2018 21:26