Main Menu

Trump Puji Perayaan Ulang Tahun Korut Tanpa Parade Rudal

Birny Birdieni
10-09-2018 01:21

Donald Trump (REUTERS/Kevin Lamarque/yus4)

Pyongyang, Gatra.com-­­ Ulang tahun ke-70 Korea Utara kali ini bebas dari dentaman rudal jarak jauh. Parade militer di Minggu (9/9) itu berfokus pada senjata konvensional, antrean tentara angsa dan kolom tank mengguncang tanah.

 

Dentuman itu menjadi sebuah tanda sebelum memberi perintah agar mereka melambai-lambaikan bendera dan bunga saat mereka melewati tempat duduk pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama seorang utusan khusus dari Cina, Kepala Parlemen Li Zhanshu.

Kim mengatakan pada Zhanshu kalau Korut akan berfokus pada pembangunan ekonomi. Dalam hal ini belajar dari pengalaman Cina. “Korut menjunjung tinggi konsensus pertemuan Singapura antara Pemimppin Korut dan Ameriksa Serikat,” ungkapnya dikutip dari Reuters, Senin (10/9).

Menurut Kim, dirinya sudah mengambil langkah dan berharap Amerika Serikat akan mengambil langkah-langkah akan itu, secara bersama-sama mempromosikan proses resolusi masalah poiltik di semenanjung Korea.

Presiden Donald Trump dalam akun twitternya @realdonaldtrump mengapresisasi perayaan negara yang bebas dari rudal nuklir jarak jauh itu. Menurutnya ini menjadi tanda komitmen denuklirisasi dari Korut.

“Terimakasih kepada Ketua Kim, kami berdua membuktikan bahwa semua orang salah. Tak ada yang lebih baik dari dialog yang baik dari dua orang yang saling menyukai! Jauh lebih baik dari sebelum saya menjabat,” ungkapnya.

 


Birny Birdieni  

 

Birny Birdieni
10-09-2018 01:21