Main Menu

Pemerintah Mesir Bebaskan Turis Lebanon yang Posting Video Menghina Negara di Facebook

Birny Birdieni
10-09-2018 06:13

Mona el-Mazboh (zerohedge.com)

Kairo, Gatra.com- Seorang turis Lebanon yang dijatuhi hukuman delapan tahun penjara karena memposting video di facebook yang diklaim pemerintah setempat telah menghina negara Mesir akan bisa bebas.

 

Kantor berita MENA seperti dikutip dari Reuters, Senin (10/9) mengatakan kalau pemerintah Kairo akan menggurangi hukuman penjara Mona el-Mazboh yang divonis bersalah pada Juli lalu.

El-Mazboh divonis bersalah dengan hukuman delapan tahun penjara karena sengaja menyebarkan desas-desus palsu yang akan merugikan masyarakat. Juga menyerang agama dan ketidaksenonohan publik.

Adapun El-Mazboh ditangkap di Bandara Kairo pada akhir masa tinggalnya di Mesir Juni lalu hanya selang 10 menit setelah dia menggunggah video kontroversial itu. Video yang menggunakan bahasa eksplisit itu menjadi viral di media sosial.

Dalam video itu, El-Mazboh yang berusia 24 tahun mengeluh karena dilecehkan secara seksual oleh supir taksi dan pemuda di jalan. Hingga mendapat pelayanan buruk di restoran selama bulan suci serta insiden dimana uangnya dicuri selama masa tinggal sebelumnya.

Pengadilan mengurangi hukuman El-Mazboh hanya menjadi satu tahun. Pengacaranya, Hassan Berzi mengatakan kalau Senin (10/9) waktu setempat ini dia rencananya akan dibebaskan dan dua hari kemudian akan dideportasi.


Birny Birdieni

Birny Birdieni
10-09-2018 06:13