Main Menu

Menjelang Sanksi Amerika Kepada Iran, India Mengalihkan Pasokan Minyak Dari Irak

Aries Kelana
12-09-2018 06:41

Ilustrasi. (shutterstock_359002571/RT)

New Delhi, Gatra.com - Menjelang dijatuhkannya sanksi baru terhadap Iran oleh Amerika Serikat, November nanti, Iran mengurangi pasokan minyak ke India. Akibatnya, Irak menjadi pemasok utama minyak ke India.

 

Sanksi ekonomi kembali dijatuhkan negeri Paman Sam kepada Iran menyusul keputusan Washington Mei silam, untuk menarik diri dari kesepakatan internasional 2015. Tujuan pemberian sanksi itu untuk membatasi program nuklir Iran.

Sebelumnya, Cina dan Iran menjadi pemasok utama kebutuhan minyak India. Namun ekspor minyak Cina merosot jadi 523.000 barel per hati setelah negara-negara penyuling memperlambat pembelian karena penundaan dalam mendapatkan persetujuan pemerintah untuk menggunakan kapal-kapal Iran.

Impor minyak Iran oleh India, klien minyak tertinggi Teheran setelah China, turun sekitar sepertiga menjadi sekitar 523.000 bpd pada Agustus dari Juli karena negara-negara penyuling memperlambat pembelian karena penundaan dalam mendapatkan persetujuan pemerintah untuk menggunakan kapal-kapal Iran.

Irak dan Arab Saudi terus menjadi dua pemasok minyak terbesar ke India bulan lalu, data kedatangan tanker yang diperoleh dari sumber menunjukkan. Sumber-sumber itu menolak diidentifikasi.

Impor minyak dari Irak mencapai 1,02 juta barel per hari (bpd) sejak Agustus lalu. Ini meningkat 46% dari bulan sebelumnya. Sementara itu, impor dari Arab Saudi justru menurun 5% menjadi sekitar 747.000 bpd selama periode tersebut, data menunjukkan yang dikutip reuters.com, Rabu (12/9).


Aries Kelana

Aries Kelana
12-09-2018 06:41