Main Menu

Russia Gelar Latihan Perang Besar-Besaran, NATO Waspada

Rosyid
12-09-2018 11:00

Ilustrasi latihan perang militer Rusia. (REUTERS/re1)

Moscow, Gatra.com - Latihan perang terbesar sejak kejatuhan Uni Soviet digelar militer Russia dekat perbatasan Cina mulai Selasa (11/9).  Latihan perang ini akan berlangsung hingga 17 September.  Latihan ini  untuk menunjukkan  kapabilitas Russia menjaga kawasan timur jauh yang populasinya terbatas.

 

Latihan perang ini juga melibatkan militer Cina. Latihan militer Russia dan Cina bukan yang pertamakali, tapi belum pernah dalam skala sebesar ini. Latihan yang melibatkan 300.000 prajurit ini diberinama Vostok-2018. Vostok-2018 berlangsung saat ketegangan yang meningkat antara Russia dan Barat. Karena itu tidak mengherankan jika NATO mengatakan akan memantau latihan ini secara ketat.

Kementrian Pertahanan Russia merilis foto-foto tank, kendaraan berlapis baja dan kapal perang yang sedang bergerak. Juga heli tempur dan pesawat jet tempur yang lepas landas. Dalam salah satu klip menunjukkan manrinir Armada Utara Russia dan Brigade Arctic turun dari kapal pendarat di pantai tandus di seberang Alaska.

Tujuan utama dari latihan ini untuk memeriksa kesiapan militer untuk menggerakkan pasukannya dalam jarak jauh. Juga menguji bagaimana rapinya kerjasama infantri dan Angkatan Laut. Dalam tahap akhir termasuk latihan pertahanan dan ofensif.


Rosyid

Rosyid
12-09-2018 11:00